Peresmian Pabrik Durian Terbesar di Sumut

Peresmian Pabrik Durian Terbesar di Sumut
Peresmian pabrik durian di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Tanjung Morawa - Pabrik durian terbesar di Sumatera Utara milik PT Agro Semesta Utama diresmikan di kawasan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Senin (17/1).

Peresmian dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Deli Serdang, Tengku Muhammad Zaki Alfa serta intansi terkait lainnya.

CEO PT Agro Semesta Utama, Muhammad Syarif, menyampaikan bahwa ini merupakan pabrik durian kedua yang dibuka pihaknya. Sebelumnya pabrik pertama berada di Kecamatan Galang, Deli Serdang.

"Pabrik durian yang kami kelola ini merupakan pabrik durian terbesar di Sumatra Utara dengan jumlah pekerja 200 orang dan produksi utama daging durian beku," kata Syarif.

Dia mengaku optimis pembukaan pabrik kedua ini akan melayani pasar di Asia, mulai dari Malaysia, Hongkong dan Singapura. Bahkan ke depan PT Agro Semesta Utama bertekad untuk masuk hingga pasar Eropa.

Lebih jauh Syarif juga menjelaskan latar belakang berdirinya PT Agro Semesta Utama pada tahun 2014.

"Awal mulai perusahaan hanya menyasar pasar domestik," sebutnya.

Kemudian pada tahun 2018, PT Agro Semesta Utama mulai mengembangkan pasar ke Malaysia dan China. Untuk kapasitas produksi, pabrik bisa mencapai 200 ton per bulan atau sekitar 10 ton per hari.

Menurutnya untuk tetap menjaga produksi pabrik, durian dari berbagai daerah ditampung oleh PT Agro Semesta Utama.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Deli Serdang, Tengku Muhammad Zaki, menyambut baik kehadiran pabrik durian di Tanjung Morawa, Deli Serdang.

Ia berharap pabrik kedua ini bisa menyerap tenaga kerja secara khusus membantu masyarakat Deli Serdang untuk mencari kerja.

(KAH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi