Soal Keadilan Iklim, Rihanna Sumbang Rp 286 Miliar

Soal Keadilan Iklim, Rihanna Sumbang Rp 286 Miliar
Rihanna (Jordan Strauss/Invision/AP, File)

Analisadaily.com, Karibia - Rihanna meyakini perubahan iklim adalah masalah keadilan sosial dan dia menjanjikan US$15 juta (S$20 juta) atau setara Rp 286 miliar untuk gerakan tersebut melalui Clara Lionel Foundation miliknya.

Pelantun We Found Love pada Selasa (25/1) mengumumkan donasi tersebut kepada 18 organisasi keadilan iklim yang bekerja di tujuh negara Karibia dan Amerika Serikat. Mereka termasuk Aliansi Keadilan Iklim, Jaringan Lingkungan Adat dan Gerakan untuk Kehidupan Hitam.

“Bencana iklim, yang meningkat dalam frekuensi dan intensitas, tidak berdampak sama pada semua komunitas, dengan komunitas kulit berwarna dan negara kepulauan menghadapi beban perubahan iklim,” kata Rihanna, yang berasal dari pulau Barbados di Karibia timur, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dia mencatat, perbedaan adalah alasan yayasannya, yang dinamai menurut nama kakek-neneknya, memprioritaskan ketahanan iklim dan pekerjaan keadilan iklim.

Hibah, yang dibuat dalam kemitraan dengan inisiatif filantropi #StartSmall, salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey, difokuskan pada kelompok dengan pemimpin perempuan, LGBT, dan Kulit Hitam dan Pribumi karena komunitas mereka berada pada risiko terbesar.

“Para penyandang dana harus membangun kemitraan dengan organisasi akar rumput, mengakui pemahaman mendalam mereka tentang apa yang diperlukan untuk mencapai keadilan iklim di komunitas mereka sendiri,” kata Justine Lucas, direktur eksekutif Clara Lionel Foundation dilansir dari AP, Rabu (26/1).

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi