Gempa Magnitudo 4,9 Dirasakan di Mandailing Natal

Gempa Magnitudo 4,9 Dirasakan di Mandailing Natal
Ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Medan - Gempa bumi tektonik magnitudo 4,9 mengguncang wilayah di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) pada Kamis (3/2) pukul 02.29 WIB.

Dari hasil analisa BMKG, gempa bumi terjadi di wilayah Desa Panggautan, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal.

"Episenter terletak pada koordinat 0.83 LU, dan 98.50 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 km Nias Selatan pada kedalaman 45 kilometer," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Darmawan.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Desa Pangautan, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, dengan Skala Intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," terangnya.

Darmawan menuturkan, hingga pukul 03.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbaunya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi