Tak Hanya Wisata Alam, Kepala Daerah se-Sumut Diperkenalkan Cerita Legenda

Tak Hanya Wisata Alam, Kepala Daerah se-Sumut Diperkenalkan Cerita Legenda
Kepala daerah se-Sumut diperkenalkan cerita legenda di Sergai (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sergai - Selain menikmati alam dan bermain air, ternyata sungai bahbolon ini menyimpan legenda/hikayat cerita masyarakat dulu. Yakni legenda batu boru manjile. Dahulunya di bantaran Sungai Bahbolon ini terdapat Pertuanan atau kerajaan yang bernama Pertuanan Bajalingge yang memiliki cerita menarik dan penuh dengan pelajaran bagi umat manusia.

Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor, mengaku sejak awal kegiatan dirinya sudah merasakan keseruan, mulai dari offroad yang memiliki arena yang memicu adrenalin dan tantangan, serta arung rafting yang menyimpan cerita legenda.

"Di sini kita tidak hanya bisa rafting, namun juga dikenalkan hikayat gelenda tentang batu boru manjile. Ini legenda atau cerita rakyat yang harus dioertahankan dan dikenalkan kepada masyarakat," ungkapnya, Minggu (6/2).

Selain itu, perafting juga bisa menikmati batu kodok (batu yang menyerupai kodok), air terjun bagula, magic wall, green canyon, batu yang tersusun bak tangga namun terbalik, minum dari mata air pegunungan, serta menikmati flora dan fauna yang dilindungi.

"Rencananya minggu depan saya akan bawa para kepala OPD Pematangsiantar kesini," tandasnya.

Dalam rangka mempromosikan pariwisata di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) khususnya wisata alam, Bupati dan Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya dan Adlin Tambunan, mengajak sejumlah Kepala Daerah se-Sumatera Utara (Sumut) menajajal track offroad dan Rafting (arung jeram) di Kecamatan Sipispis.

Kepala Daerah yang ikut menjajal track offroad dan Arung Jeram antara lain Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Bupati Labura, Hendriyanto Sitorus, Bupati Batubara, Zahir, Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor, serta Bupati dan Wakil Bupati Sergai sebagai tuan rumah.

Para Kepala Daerah mengaku puas menjajal track offroad dan arung jeram di Kecamatan Sipispis. Bahkan mereka mengaku ketagihan dan akan kembali datang untuk menjajalnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi