Tertinggi Penilaian Kinerja Polri

Kapolda Sumut: Kita Terus Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Kapolda Sumut: Kita Terus Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Masyarakat
Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak (pegang mic) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - ETOS Institute menggelar survey terkait penilaian masyarakat terhadap kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Survey nasional jajak pendapat publik terkait kinerja kepolisian di lima kepolisian daerah (Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Jateng, Polda Jatim dan Polda Sumut ) itu terhitung mulai 1 Desember 2021 sampai 20 Januari 2022.

Hasil survey ETOS Institute menyebutkan tingginya tingkat pengetahuan responden terhadap kinerja kepolisian di daerah masing-masing yang berada di angka 87% menunjukkan tingkat keterbutuhan informasi kepada institusi kepolisian cukup tinggi.

Direktur ETOS Institute, Iskandarsyah, mengatakan survey ini dilihat berdasarkan media sosial (42%) dan media cetak elektronik (31%) menduduki dua media informasi teratas bagi kebutuhan publik terhadap informasi kinerja kepolisian di daerah masing-masing.

Dalam survey tersebut, Kepolisian Daerah Sumatera Utara memiliki rating tertinggi di hampir seluruh aspek kinerja yang meliputi tingkat penanganan kriminalitas, tingkat pelayanan publik, tingkat pembenahan SDM, tingkat keamanan wilayah serta maksimalisasi penggunaan fasilitas dan teknologi, disusul secara bergantian oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Iskandarsyah mengatakan harapan tertinggi publik adalah kepada punishment terhadap aparatur kepolisian yang melakukan kesalahan (19%), meningkatkan pelayanan publik (18%), menampilkan wajah kepolisian yang lebih ramah (16%).

Kemudian menghilangkan tindak malpraktik dalam penanganan kasus (16%), berani mempertanggungjawabkan kesalahan bawahan (15%), memastikan terjaminnya keamanan dan ketertiban wilayah (14%) dan lain lain.

"Ini ada catatan, bagi kepala kepolisian di daerah agar tidak dengan peristiwa-peristiwa politik. Peran mereka terhadap masyarakat, perbuatan bawahan yang nyeleneh. Publik dari responden Jawa Barat, Jawa Timur cukup apreasiasi pada Kapolda Sumut, nampak inilah pimpinan yang kita cari. Dari Jatim, Jateng dan Jabar punya harapan memiliki Kapolda seperti Kapolda Sumut” ucap Iskandarsyah, Senin (14/2).

Menyikapi hasil survey tersebut, Kapolda Sumut, Irjen Pol. Panca Putra Simanjuntak, mengucapkan terima kasih atas penilaian yang diberikan.

Menurutnya semua ini tidak lepas dari peran serta seluruh personel Polda Sumut dan jajaran yang terus berbenah memperbaiki tampilan personal, merubah kultur melayani, memberikan keterbukaan informasi dan berusaha maksimal memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat

"Terima kasih atas penilaian dan apresiasi yang diberikan kepada Polda Sumut dan jajaran," kata Panca.

"Kami akan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Keberhasilan ini tentu menjadi semangat bagi Polda Sumut untuk terus berbenah dan berupaya lebih baik ke depannya," pungkas Panca Putra Simanjuntak.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi