Gempa Bumi Tektonik Guncang Pantai Barat Sumatera

Gempa Bumi Tektonik Guncang Pantai Barat Sumatera
Peta gempa bumi di Pantai Barat Sumatera (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Meulaboh - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M5,2 mengguncang wilayah Pantai Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh, Selasa (1/3).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,97° LU; 95,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 31 Km arah Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh, dengan kedalaman 70 meter.

"Gempa itu terjadi pada 18.04 WIB wilayah Pantai Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Priyatno.

Menurutnya dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelasnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Meulaboh dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan truk berlalu) dan daerah Banda Aceh dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan truk berlalu).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami," ungkap Bambang.

Hingga pukul 18.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," imbau Bambang.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi