Layanan 'Isoman Oke' Deliserdang Mendapat Dukungan

Layanan 'Isoman Oke' Deliserdang Mendapat Dukungan
Layanan 'Isoman Oke' Deliserdang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Layanan telemedicine Dinas Kesehatan Deliserdang yang baru diluncurkan untuk membantu pasien Covid-19 yang isolasi mandiri berkonsultasi tanpa harus ke rumah sakit. Atau disebut layanan "Isoman Oke" didukung organisasi profesi termasuk IDI, IBI, PDGI, PPNI IAI PATELKI PTGMI PAFI dan PERSAGI.

"Sejak diluncurkan 14 Pebruari 2022 lalu, sudah terintegrasi dengan 34 puskesmas dan 17 rumah sakit rujukan covid-19 di Kabupaten Deliserdang. Bahkan petugas setiap hari menghubungi nomor yang positif untuk mencek langsung. Jadi petugas tidak pasif. Tetapi proaktif melakukan layanan pada warga yang sudah menghubungi layanan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Deliserdang, Dr Ade Budi Krista, Rabu (2/3).

Sementara capaian layanan Isoman Oke, hingga 27 Pebruari 2022 sekitra 3970 orang positif covid-19.Pasien yang sudah mendapatkan layanan obat dan vitamin sekitar 3900 orang.

Sedangkan layanan Isoman Oke, Ia klaim mudah dihubungi ke nomor 081264243491. Kendatipun belum terlayani laporan masyarakat mungkin karena sibuk dengan banyaknya yang menghubungi layanan tersebut.

"Pastikan nomor yang dihubungi benar. Kemudian supaya lebih mudah, pasien hendaknya terlebih dahulu melalui What's Apa (WA) sehingga dibalas by siatem," kata dia.

Menurut dia, anggraan layanan Isoman oke, tidak ada anggaran dari mana pun.

"Jadi Isoman Oke itu inovasi Dinkes.Namanya inovasi itu tidak punya anggaran. Kecuali obat dan vitamin. Itu diambil dari stok Dinkes/pusk," ucapnya.

Intinya, Kalau memang ada warga yang mengaku tidak bisa mengakses, layanan Isoman Oke, tolong diinfokan namanya.

"Biar kita secepatnya hubungi. Sebab kita punya semua data yang Isoman beserta nomor handphone," tambah Ade

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi