Sempat Terjebak Perang Rusia-Ukraina, 9 WNI Binjai-Langkat Sudah Tiba di Jakarta

Sempat Terjebak Perang Rusia-Ukraina, 9 WNI Binjai-Langkat Sudah Tiba di Jakarta
9 WNI Binjai-Langkat setelah dievakuasi dari Ukraina (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Sebanyak 9 Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) yang sempat terjebak di Kota Chernihiv, Ukraina, kini telah tiba di Jakarta.

Mereka tiba di Jakarta pada Senin (21/3) setelah sempat dievakuasi dari Ukraina ke Polandia. Kabar ini disampaikan langsung Muhammad Raga Prayuga, 1 dari 9 orang tersebut.

Rencananya mereka akan kembali ke kampung halaman menggunakan pesawat terbang dari Jakarta pada hari ini, Selasa (22/3). Mereka terlebih dahulu karantina di Jakarta 1 hari.

“Satu hari dulu di Jakarta, karantina,” kata Raga.

Di Jakarta mereka akan menginap di salah satu hotel. Sebelumnya, mereka dievakuasi dari Chernihiv, Ukraina, oleh pihak KBRI Kiev Ukraina, KBRI Polandia, beserta Direktorat Menlu RI.

“Kami sampai di Polandia 17 Maret 2022. Agak tenang di Polandia,” ujarnya.

Sebanyak 9 WNI asal Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Sumut, sempat terjebak di tengah kondisi perang antara Rusia dengan Ukraina.

Mereka sempat bersembunyi di salah satu bungker untuk berlindung. Dalam video yang beredar di media sosial (medsos) para WNI meminta perlindungan kepada Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia.

Mereka adalah Iskandar, Muhammad Raga Prayuga, Muhamad Aris Wahyudi, Syahfitra Sandiyoga, Agus Alfirian, Rian Jaya Kusuma, Dedi Irawan, Zulham Ramadhan, dan Amri Abas.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi