Jelang Ramadan, Pemkab Labuhanbatu Pastikan Kebutuhan Sembako Aman

Jelang Ramadan, Pemkab Labuhanbatu Pastikan Kebutuhan Sembako Aman
Pengecekan harga dan stok sembako oleh Pemkab Labuhanbatu di Pasar Glugur Rantauprapat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Rantauprapat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu memastikan stok bahan pangan dalam keadaan aman dan mencukupi jjelang bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

Hal tersebut dipastikan setelah Asisten II Sekdakab Labuhanbatu, Ikramsyah P. Nasution, didampingi Kabag Perekonomian, Sadeli Hasibuan, melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Glugur Rantauprapat, Jumat (1/4).

Dalam sidak itu, Ikram menemui para pedagang dan distributor guna mastikan stok serta memantau langsung harga barang yang beredar ke masyarakat.

Menurutnya untuk sementara stok sembako dan harga masih dalam kondisi stabil.

"Harga dan stok masih dalam kondisi normal," ujarnya.

Dijelaskannya ada sebagian harga yang mengalami perubahan, naik dan turun, seperti cabai merah mengalami penurunan dari Rp 60 ribu menjadi Rp 38 ribu per kilogram, gula putih mengalami kenaikan dari harga Rp13 ribu menjadi Rp 15 ribu per kilogram.

Sementara minyak goreng dalam kemasan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari Rp 28 ribu/kemasan menjadi Rp 52 ribu per dua liter.

Kabag Perekonomian, Sadeli Hasibuan, menambahkan dari hasil monitoring di lapangan ada perubahan harga beberapa bahan pokok.

"Namun dapat kita pastikan stok sembako tetap tersedia dan mencukupi kebutuhan di bukan Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah," sebutnya.

Saat ini diimbau kepada seluruh pedagang dan distributor agar tidak menimbun barang hingga menimbulkan kelangkaan di pasar.

Plh. Kabid Perdagangan, Pebriyanti Siregar, mengungkapkan Ada sanksi yang akan diberikan kepada oknum yang melakukan penimbunan barang, mulai dari teguran hingga penutupan tempat usaha.

(RA/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi