Penembakan di Sacramento, 6 Orang Meninggal Dunia

Penembakan di Sacramento, 6 Orang Meninggal Dunia
Ilustrasi (AFP/Andri Tambunan)

Analisadaily.com, California - Sedikitnya enam orang tewas dan sembilan lainnya luka-luka dalam penembakan di ibu kota negara bagian California, Sacramento, Minggu (3/4).

"Petugas menemukan setidaknya 15 korban penembakan, termasuk enam yang meninggal," kata polisi Sacramento dalam sebuah pernyataan di Twitter dilansir dari AFP dan Channel News Asia.

Dalam tweet sebelumnya tepat setelah jam 4 pagi, mereka telah meminta orang-orang untuk menghindari daerah itu karena kehadiran polisi yang besar akan tetap ada dan tempat kejadian tetap aktif.

Sebuah video yang diposting online menunjukkan orang-orang berkelahi di jalan, kemudian mulai berlari ketika suara tembakan terdengar. AFP tidak dapat memverifikasi rekaman itu.

Penembakan terjadi di pusat kota, yang memiliki banyak bar dan restoran. Polisi memberikan beberapa rincian lainnya.

Ini adalah penembakan massal terbaru di Amerika Serikat, di mana senjata api dikaitkan dengan sekitar 40.000 kematian per tahun, termasuk bunuh diri, menurut situs Arsip Kekerasan Senjata.

Undang-undang senjata yang longgar dan hak untuk memanggul senjata telah berulang kali menghalangi upaya untuk menekan jumlah senjata yang beredar, meskipun kontrol yang lebih besar disukai oleh mayoritas orang Amerika.

Tiga perempat dari semua pembunuhan di AS dilakukan dengan senjata api, dan jumlah pistol, revolver, dan senjata api lainnya yang dijual terus meningkat.

Lebih dari 23 juta senjata terjual pada tahun 2020, sebuah rekor dan 20 juta lainnya pada tahun 2021, menurut data yang dikumpulkan oleh situs web Small Arms Analytics.

Jumlah itu tidak termasuk senjata "hantu", yang dijual dalam keadaan dibongkar, tidak memiliki nomor seri, dan sangat dihargai di kalangan kriminal. Pada Juni 2021, 30 persen orang dewasa Amerika mengatakan mereka memiliki setidaknya satu senjata, menurut survei Pew.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi