Berpartisipasi Penanganan Diabetes Melalui Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis

Berpartisipasi Penanganan Diabetes Melalui Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis
Pemeriksaan dan pengobatan gratis (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Di Indonesia jumlah penderita diabetes terus meningkat, dari 10,7 juta pada 2019 menjadi 19,5 juta pada 2021. Peningkatan jumlah penderita diabetes ini disebabkan faktor sosio-ekonomi, demografi, lingkungan, dan genetik.

Menurut dr. Hanjaya M. Biomed dari Akademi Keperawatan Columbia Asia, beberapa pendorong meningkatnya penderita diabetes adalah berkurangnya aktivitas fisik, peningkatan jumlah penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

"Pola makan yang tidak sehat di masyarakat, seperti kurang makan berserat dan juga konsumsi makanan serta minuman yang manis, juga berpengaruh dalam meningkatnya diabetes," katanya, Selasa (12/4).

Dalam rangka ikut berpartisipasi penanganan penyakit diabetes, Panitia Tahun Kesehatian HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat dan Forum Dos Roha Kota Binjai menyelenggarakan pemeriksaan dan pengobatan gratis. kegiatan dilangsungkan di Sopo Godang HKBP Distrik Binjai.

Dalam kesempatan itu, dr. Hanjaya menegaskan bahwa diabetes dapat dicegah dengan mempertahankan berat badan ideal, dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak, mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur.

Praeses HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat Pdt. Hercules Sihotang mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk misi pelayanan Tahun Kesehatian HKBP. Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum Forum Dos Roha Kota Binjai, Martin Hasibuan, berharap kegiatan sosial ini tidak hanya sekali dilakukan.

"Ke depan forum Dos Roha dan juga HKBP Distrik XXIII akan selalu mengadakan kegiatan-kegiatan sosial yang dampaknya diharapkan langsung bisa dirasakan masyarakat Binjai," kata Martin.

Pemeriksaan dan pengobatan gratis dihadiri sekitar 150 warga masyarakat Binjai yang didominasi oleh warga berusia di atas 50 tahun. Seorang warga, Tjien Lie, dari Vihara Sai Hong Sien Hut Binjai, mengatakan, kegiatan seperti ini sangat membantu warga yang sering kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

"Kami warga lansia juga pengin mendapat pemeriksaan kesehatan. Apalagi diabetes. Banyaklah terbantu. Harapannya, sering-sering diadakan acara begini, dan kalau bisa pemeriksaan penyakit-penyakit lain," kata Tjien Lie yang datang menyumbang logistik aneka kue, mi instan, dan juga minuman kemasan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi