KONI Deliserdang Minta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dievaluasi

KONI Deliserdang Minta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dievaluasi
Pengurus Harian KONI Deliserdang saat memberikan keterangan pers (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Deliserdang menyesalkan sikap Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata, dinilai kurang peduli dengan olahraga prestasi di Deliserdang.

"Kami meminta Bupati Deliserdang segera mengevaluasi Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, sebab sejak tahun 2019 prestasi di Deliserdang sangat miris dan memprihatinkan," kata Wakil Ketua Umum KONI Deliserdang, Efendi Manullang, Rabu (13/4) di Kantor KONI Deliserdang.

Wildan Diapari juga menerangkan, sejak tahun 2019 KONI Deliserdang tidak pernah menerima dana hibah olahraga prestasi, padahal KONI sudah menyampaikan dasar hukum dan payung hukum terkait dana hibah, dan sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD Deliserdang.

Akibat tidak adanya perhatian dari Pemerintah Deliserdang, olahraga prestasi di Deliserdang hanya mengandalkan dana swakelola yang langsung dikumpulkan para pengurus Cabang Olahraga (Cabor) dan didukung oleh orang tua para atlet.

"Padahal kami yang punya atlet, dan kami yang bertanggung jawab untuk atlet kami," tambah pengurus Cabor PBSI, Khairul Nasution.

KONI Deliserdang juga menyampaikan berbagai program yang masuk dalam kalender kerja tidak berjalan lagi, seperti yang direncanakan memberangkatkan 17 Cabor, lalu ada Pekan Olahraga Kabupaten (Pemkab) dan persiapan Pelatda di mana para atlet Deliserdang yang ikut dalam persiapan mengikuti PON 2024.

"Kami melihat pengelolaan olahraga di Deliserdang saat ini bukan berdasarkan kebutuhan, akan tetapi berdasarkan keinginan, dan kami juga melihat Dinas Pemuda Olahraga-nya bukan olahragawan namun hanya penikmat olahraga," tambah Wildan.

Pengurus KONI dan pengurus Cabor bersepakat jika Pemerintah Kabupaten Deliserdang tidak merespons ketidakadilan olahraga, maka seluruh pengurus KONI, pengurus Cabor, semua atlet, para orang tua atlet dan masyarakat yang cinta olahraga akan mendatangi Kantor Bupati Deliserdang.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi