Dunia Semakin 'Buta' Terhadap Penularan Virus Corona

Dunia Semakin 'Buta' Terhadap Penularan Virus Corona
Orang-orang berbaris di luar tempat pengujian asam nukleat darurat selama pengujian massal untuk penyakit virus Covid-19 di distrik Haidian, Beijing, China, 26 April 2022. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)

Analisadaily.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia mendesak negara-negara untuk mempertahankan pengawasan terhadap infeksi virus Corona, dengan mengatakan dunia "buta" terhadap bagaimana virus itu menyebar karena penurunan tingkat pengujian.

“Karena banyak negara mengurangi pengujian, WHO semakin sedikit menerima informasi tentang penularan dan urutannya,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers di markas besar WHO di Jenewa.

"Ini membuat kita semakin buta terhadap pola penularan dan evolusi," tegas Tedros dilansir dari Reuters, Kamis (28/4).

Kepala eksekutif FIND, ?Bill Rodriguez, sebuah kelompok bantuan global yang bekerja dengan WHO untuk memperluas akses ke pengujian, mengatakan tingkat pengujian telah anjlok 70 hingga 90 persen.

“Kami memiliki kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengetahui apa yang terjadi. Namun hari ini, karena pengujian telah menjadi korban pertama dari keputusan global untuk menurunkan kewaspadaan kami, kami menjadi buta terhadap apa yang terjadi dengan virus ini,” katanya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi