Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi Sibolga Gelar Pelatihan Budaya Pelayanan Prima

Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi Sibolga Gelar Pelatihan Budaya Pelayanan Prima
Pelatihan Budaya Pelayanan Prima (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibolga - Berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Sibolga, Kantor Imigrasi Sibolga menyelenggarakan In House Training Pelatihan Budaya Pelayanan Prima. Kegiatan digelar di Aula Kantor Imigrasi Sibolga selepas jam kantor dan dihadiri oleh seluruh ASN.

Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Sibolga atas kolaborasi yang harmonis, sehingga dapat menyelenggarakan kegiatan yang sama untuk kedua kali.

Selanjutnya Saroha menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pegawai, terlebih saat ini Imigrasi Sibolga sedang fokus dalam pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

"Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk diskusi dan berbagi pengetahuan maupun pengalaman, sehingga kita bisa mengetahui dimana kekurangan dan dapat meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi," terang Saroha, Kamis (12/5).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sibolga, Boy Citra Lumban Tobing, menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap diskusi berjalan dengan aktif.

"Terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan, semoga kegiatan ini memberikan manfaat dalam upaya kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, nara sumber Silvia Yunita Dewi dari BPJS Ketenagakerjaan memberikan beberapa tips dan trik agar dapat berkomunikasi secara humanis kepada pemohon.

"Sebagai petugas yang berhadapan langsung kepada masyarakat, kita harus bisa mengetahui dan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat," ujarnya.

Dijelaskan Silvia, baik buruknya pelayanan yang diberikan akan berpengaruh terhadap reputasi suatu kantor atau instansi.

"Oleh sebab itu petugas harus memiliki empati, bersikap open minded yang terbuka terhadap ide-ide dan inovasi, memiliki komitmen, sehingga dapat memenuhi atau bahkan melampaui keinginan masyarakat," ungkapnya.

Kegiatan diwarnai dengan diskusi dan tanya jawab serta berbagi pengalaman selama bertugas melayani masyarakat. Tampak hadir Maryanto Purba dari BPJS Ketenagakerjaan dan pejabat struktural di lingkungan Kantor Imigrasi Sibolga.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi