Erick Thohir Tinjau Pasar Rakyat dan UMKM di Tarutung

Erick Thohir Tinjau Pasar Rakyat dan UMKM di Tarutung
Menteri BUMN, Erick Thohir (Analisadaily/Emvawari Candra Sirait)

Analisadaily.com, Tarutung - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meninjau pasar rakyat dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) BUMN di lapangan Serbaguna Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kamis (19/5).

Erick mengatakan, pihaknya akan terus mendorong dan meningkatkan program PT Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) di Taput.

"Jadi kita nanti akan bekerja sama dengan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan juga Pak Bupati bagaimana mendorong yang namanya ekonomi ibu-ibu rumah tangga," ujarnya.

Dia mengaku di Taput saat ini ada sebanyak 17 ribu nasabah program PNM Mekaar. Untuk itu pihaknya berencana akan menambah jumlah nasabah itu menjadi 30 ribu.

"Jadi di Taput ada 17 ribu yang hari ini, setuju nggak kalau PNM Mekaar jadi 30 ribu nasabah," ujarnya sembari dijawab setuju oleh masyarakat.

Selain meningkatkan program PNM mekaar, Erick juga mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagaimana yang telah digalakkan oleh pemerintah pusat.

"Kalau BRI di sini ada banyak nasabahnya, ini juga mengartikan bahwa program KUR yang didorong Bapak Presiden kita, sudah berjalan dengan baik," katanya.

Untuk itu pihaknya berjanji dengan kerja sama bupati akan kembali mengembangkan dan menambah KUR.

"Kalau perlu ditambah kita akan kerja keras lagi pak bupati, kita tambah lagi," tandasnya.

Dia menegaskan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan dengan harapan agar ekonomi masyarakat bisa terus berputar secara merata, dan tidak hanya bertumpu pada satu orang atau satu kelompok saja.

"Jangan sampai ekonomi hanya netes di satu orang, atau di satu kelompok, tetapi ekonomi kerakyatan yang didorang pemerintah supaya rakyatnya tambah makmur," imbuhnya.

Kehadiran Erick Thohir di Tarutung langsung disambut histeris dan dielu-elukan oleh masyarakat. Menteri yang masih terbilang masih muda ini juga terlihat sesekali menyempatkan diri berswafoto dengan masyarakat.

Pada kesempatan itu Erick juga melihat-lihat produk UMKM pada stand-stand yang tersedia.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi