Erick Thohir Cicipi Kopi Saat Sambangi Booth Rumah BUMN Binaan PLN di Tarutung

Erick Thohir Cicipi Kopi Saat Sambangi Booth Rumah BUMN Binaan PLN di Tarutung
Menteri BUMN, Erick Thohir, saat menyambangi Booth Rumah BUMN Binaan PLN di Tarutung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Kegiatan Pasar Rakyat dan UMKM di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), diselenggarakan Kamis (19/5) di Lapangan Serbaguna Tarutung dihadiri Menteri BUMN, Erick Tohir.

Kegiatan pasar rakyat dan UMKM ini juga dihadiri Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, tokoh adat, dan Forkopimda se-Tapanuli Utara.

Pasar Rakyat BUMN ini menyediakan 3.000 paket sembako, terdiri dari beras, gula, dan minyak goreng dengan harga Rp 65.000. Harga yang ditawarkan kepada masyarakat Tarutung ini cukup murah bila dibandingkan harga jual di toko-toko sembako yang diperkirakan mencapai Rp 95.000.

Tak hanya pasar rakyat BUMN, pameran UMKM juga disuguhkan Kementrian BUMN untuk meningkatkan geliat perekonomian di Sumut, serta memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan kepada masyarakat Tapanuli Utara.

Rumah BUMN Padang Sidempuan dan Sibolga yang dikelola PLN salah satu peserta pameran UMKM yang mengikuti kegiatan ini. Setidaknya terdapat 20 produk yang ditampilkan saat kegiatan ini berlangsung. Salah satu yang menjadi produk andalan dan sudah terkenal hingga ke mancanegara adalah Kopi AKS (Angkola Kopi Sipirok).

Dalam rangkaian kegiatan Pasar Rakyat dan UMKM di Kabupaten Tapanuli Utara, Erick Tohir menyempatkan diri untuk melihat dan mencicipi Kopi AKS ini. “Hmmmm enak ya… Sudah ada berapa UMKM yang bergabung di Rumah BUMN Sidempuan dan Sibolga?” tanya Erick kepada Gabe Marihot, yang pada saat itu bertugas menjaga booth Rumah BUMN yang dikelola PLN. “Terima kasih Pak, sudah 180 UMKM Pak yang telah bergabung dengan kami,” jelas Gabe.

Perasaan senang sekaligus gugup tampak di wajah Gabe. Tentu perasaan ini timbul karena saat itu tidak semua peserta UMKM dikunjungi dan dapat berbincang langsung dengan Menteri BUMN.

“BUMN siap mendukung para pelaku UMKM di Indonesia untuk terus berkembang dan berinovasi,” tutup Erick di akhir kunjungannya di booth Rumah BUMN Padang Sidempuan dan Sibolga yang dikelola PLN.

Di tempat terpisah, General Manager PLN UIW Sumut juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Menteri BUMN pada booth Rumah BUMN yang dikelola PLN, dan akan terus mendukung UMKM yang ada di Sumut. Karena hal ini sudah menjadi tanggung jawab PLN sebagai perusahaan BUMN di Indonesia.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi