Erick Thohir Minta BUMN Fasilitasi UMKM Tarutung Bergabung di Marketplace

Erick Thohir Minta BUMN Fasilitasi UMKM Tarutung Bergabung di Marketplace
Menteri BUMN, Erick Thohir (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan perannya sebagai pelayan rakyat harus bisa dirasakan langsung oleh rakyat. Salah satunya melalui proram-program yang dijalankan oleh BUMN dalam membantu meningkatkan perekonomian rakyat.

Ekonomi kerakyatan yang dijalankan Erick Thohir dijalankan secara merata dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya melalui kebangkitan UMKM.

Hal yang sama disampaikan oleh Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga dalam kunjungan bersama Erick Thohir ke Pasar Rakyat BUMN di Lapangan Serbaguna Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Arya menekankan berbagai program ekonomi kerakyatan yang digagas Erick Thohir jangan sampai hanya dirasakan oleh satu kelompok masyarakat saja.

Dalam dialog bersama 50 pelaku UMKM yang hadir di Pasar Rakyat BUMN yang digagas oleh PT Telekomunikasi Indonesia ini, Arya menyampaikan apresiasi kepada UMKM yang telah berjuang dan bertahan di tengah pandemi.

“Saya ingin menyampaikan pesan dari Pak Erick Thohir. Untuk Perusahaan BUMN, sebagai pembina UMKM tolong di fasilitasi BUMN ini semua masuk ke semua loka pasar atau marketplace, Shopee dan Bukalapak dan semuanya gratis,” jelas Arya, Jumat (20/5).

Selain itu, Arya juga memasang target untuk Rumah BUMN Tarutung dapat terbentuk di tahun 2022 ini. Fungsinya untuk memberikan pendampingan usaha hingga fasilitas produksi yang dibutuhkan oleh UMKM asli Kabupaten Tapanuli Utara.

Salah satu pelaku usaha yang menerima manfaat dari Rumah BUMN adalah Kopi Wak Leman. Usaha yang dibangun oleh Sulaiman Salim dari tahun 2015 ini bisa mendapatkan pasar lebih luas melalui marketplace yang disediakan oleh Kementerian BUMN.

“Keuntungan saya bisa naik hingga 50%. Padahal itu masa pandemi, bantuan dari BUMN dengan menyediakan dan pendampingan berjualan di marketplace online sangat berpengaruh untuk menaikan omset usaha saya,” jelas Sulaiman.

Ke depannya Sulaiman berharap Rumah BUMN dapat berperan dalam penyediaan peralatan produksi sehingga produksi kopi miliknya dapat makin meningkat juga keuntungan usahanya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi