Operasi Ketupat Toba, Kedepankan Langkah Edukatif

Operasi Ketupat Toba, Kedepankan Langkah Edukatif
Operasi Ketupat Toba 2022 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Deliserdang, AKBP Agus Sugiyarso, mengatakan operasi Patuh Toba 2022 bertujuan menurunkan angka pelanggaran kecelakaan dan angka fatalitas lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan ketertiban dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sasaran operasi Patuh Toba 2022 adalah segala bentuk potensi gangguan ambang dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas baik sebelum pada saat dan pasca operasi,” kata Agus, Selasa (14/6).

Operasi ini dilakukan selama 14 hari atau terhitung sejak 13 juni sampai 26 Juni 2022. Adapun sasaran yaitu kendaraan bermotor yang tidak layak jalan dan berkendaraan yang digunakan untuk balap liar, kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar pabrikan.

Kemudian menambah panjang rangka atau merubah stek, kendaraan bermotor pribadi yang menggunakan sirine/rotator/strobo bukan untuk peruntukannya,dan nomor registrasi kendaraan bermotor yang tidak sesuai aturan atau spek.

Giat ini juga operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan Humanis serta penegakan hukum secara elektronik maupun teguran cara bertindak.

Lalu melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi rawan macet, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas, melaksanakan pembinaan penyuluhan kepada masyarakat terkait Kamseltibcar, memberikan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib dalam ber lalu lintas.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi