Berapa Harga Radiator Mobil? Dapat Anda Ketahui Berdasarkan Jenisnya!

Berapa Harga Radiator Mobil? Dapat Anda Ketahui Berdasarkan Jenisnya!
Foto ilustrasi perawatan radiator mobil (Internet)

Analisadaily.com - Saat ini terkait berapa harga radiator mobil berbeda-beda. Anda bisa mendapatkannya melalui platform untuk booking service dengan bengkel yang menjadi mitra Otoklix. Otoklix memang menjadi pilihan tepat untuk percaya layanan perawatan dan perbaikan mobil. Pastinya platform yang transparan dan memudahkan. Layanan perawatan mobil melalui Otoklix cukup beragam. Mulai dari servis berkala, ganti oli, ban, rem, hingga cuci dan detailing.

Oleh karena itu, menjaga performa radiator menjadi hal penting. Pemilik kendaraan harus mengetahui cara memilih radiator mobil yang bagus dengan harga terjangkau. Hal ini penting agar suhu mesin tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan pada komponen kendaraan lainnya.

Berapa Harga Radiator Mobil Berdasarkan Jenisnya

Untuk menjaga suhu mesin tetap stabil, maka dibutuhkan sistem alat pendingin mesin mobil. Fungsinya untuk membuang panas mesin dari hasil proses pembakaran yang terjadi. Cairan pendingin atau coolant memang memiliki peranan yang sangat penting untuk proses menjaga suhu kerja mesin. Sebab, menjadi media perantara pelepasan panas dari mesinnya.

Tentu saja dapat Anda bayangkan, apabila coolant di dalam radiator kurang. Hal ini kemungkinan akan menyebabkan mesin overheat atau panas berlebihan. Apabila terjadi untuk jangka panjang dapat menyebabkan komponen di dalam mesin menjadi rusak. Perlu Anda ketahui bahwa setidaknya ada 4 jenis radiator mobil yang biasa digunakan oleh para pemilik mobil. Anda perlu mengetahui karakter dan keunggulan masing-masing jenis cairan yang berbeda-beda harganya. Berikut ini adalah jenis radiatornya.

Radiator Air Biasa

Banyak pemilih kendaraan yang saat ini masih menggunakan air biasa. Baik itu air keran atau air mineral untuk dijadikan cairan pendingin pada radiator. Air biasa memiliki titik didih yang rendah atau sekitar 100 derajat celcius, biasanya memiliki kadar penguapan tinggi. Mengenai berapa harga radiator mobil ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau melalui platform Otoklix. Pada kondisi yang ekstrim seperti sedang terjebak kemacetan saat siang hari air. Seringkali tidak dapat mengatasi suhu mesin sehingga akan lebih cepat habis karena mengalami penguapan.

Air biasa yang memiliki banyak kandungan mineral dapat memicu karat dan kerak untuk jangka waktu panjang. Pada kasus ringan, permukaan pipa logam yang terdapat karat akan tergerus. Selanjutnya menyumbat pipa di bagian yang kecil, seperti di tabung radiator. Sedangkan pada kasus lebih berat, karat yang terjadi akan menggerus permukaan pipa sehingga membuatnya menjadi bocor. Oleh karena itu, penggunaan air biasa sangat tidak direkomendasikan apabila menjadi cairan radiator.

Coolant Radiator

Jenis radiator mobil lainnya yakni terdapat coolant radiator. Cairan ini yang diformulasi khusus untuk menyerap panas dan mencegah terjadinya korosi atau karat pada material logam. Biasanya radiator ini memiliki kandungan utama berupa air tanpa mineral, zat anti-beku propylene glycol, hingga pencegah karat. Mengenai berapa harga jenis radiator mobil ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau melalui platform Otoklix.

Kandungan propylene glycol menjadikan cairan radiator memiliki titik didih lebih tinggi. Sementara untuk titik beku lebih rendah daripada air biasa. Tingginya titik didih menjadikan radiator coolant terhindar dari penguapan, apalagi saat bersentuhan dengan temperatur tinggi mesinnya.

Radiator Super Coolant

Berbeda dengan radiator coolant biasa, berapa harga radiator mobil ini juga cukup terjangkau. Radiator super Coolant saat akan Anda gunakan harus diencerkan terlebih dahulu. Caranya menggunakan air bersih dengan perbandingan 50:50. Apabila perbandingan pengenceran sesuai, maka jenis radiator ini akan memiliki titik didih yang tinggi berkisar 130 derajat celcius. Saat titik didihnya tinggi, maka radiator ini akan lebih banyak menyerap panas dari mesin tanpa khawatir adanya penguapan dan habis.

Antifreeze dan Coolant Protector

Jenis yang satu ini hampir sama dengan radiator super coolant. Radiator ini saat akan Anda gunakan harus dicairkan terlebih dahulu menggunakan air bersih. Namun, untuk menggunakannya Anda perlu menyesuaikan dengan iklim yang ada. Misalnya pada iklim tropis, maka menggunakan perbandingan 50:50.

Titik didih dari radiator ini memang tidak jauh berbeda dengan Radiator Super Coolant. Namun dengan adanya tambahan Antifreeze, maka cairan jenis ini cocok untuk Anda gunakan pada kondisi subtropis. Sebab, tidak akan membeku apabila berada di suhu dingin yang ekstrim.

Mengenai berapa harga radiator mobil berbeda-beda, Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau melalui Otoklix. Platform ini telah bermitra dengan 2000+ bengkel umum pilihan di Jabodetabek. Harganya transparan dan diberi tahu saat awal booking. Selain itu, adanya service bergaransi 30 hari setelah pengerjaan. Bahkan pembayarannya dapat Anda lakukan di bengkel mitra. Saat ini Otoklix hadir dengan promo PAKOTO, yang dengan mudah untuk didapatkan!

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi