Universitas Terbuka Wisuda 515 Mahasiswa, Implementasikan Pengetahuan Membangun Sumut

Universitas Terbuka Wisuda 515 Mahasiswa, Implementasikan Pengetahuan Membangun Sumut
Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, didampingi Direktur UT Medan, Dra. Yusrafiddin, M.Pd (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan – Universitas Terbuka (UT) melaksanakan wisuda lulusan periode pertama 2020-2021. Acara wisuda dilaksanakan di Danau Toba Convention Hall, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat mengatakan, ada sekitar 515 orang yang diwisuda kali ini, terdiri dari lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang paling banyak, dan ada juga sebagian dari Program Master, serta Program Studi lainnya.

“Mereka adalah mahasiswa UT yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumut,” kata Ojat, Sabtu (2/7).

Disebutkannya, pada kesempatan wisuda hari ini dihadiri Istri Gubernur Sumut, Nawal Lubis, yang memiliki kepedulian terhadap pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Kebetulan UT juga banyak menghasilkan tenaga-tenaga pendidik untuk PAUD di Sumut, di samping program-program pendidikan lainnya,” sebut Ojat.

Acara wisuda UT juga dihadiri oleh pejabat penting lainnya, para pengurus kelompok belajar yang ada di lingkungan wilayah Sumut. Dikatakan Ojat, pihaknya telah menyampaikan kepada para hadirin dan juga mitra-mitra baru UT, mengenai kerja sama yang baru saja dilakukan.

“Ada sekitar empat instansi yang terlibat, termasuk dari unsur Peguruan Tinggi Swasta (PTS), terus ada dari unsur ikatan guru Indonesia, dan lainnya,” ujarnya.

Ojat menyebut, dengan kerja sama yang baru saja dijalin, mudah-mudahan ke depan akan ada kerja sama yang sinergis antara UT dengan pihak pemangku kepentingan lainnya yang ada di Sumut.

“Dalam rangka bekerja bersama-sama meningkatkan kualitas SDM di Sumut,” ucapnya.

Impelementasikan Pengetahuan untuk Sumut

Universitas Terbuka melaksanakan wisuda lulusan periode pertama 2020-2021. Wisuda dilaksanakan di Danau Toba Convention Hall, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan (Analisadaily.com/Reza Perdana)
Kepada para wisudawan, Ojat Ojat berpesan, mudah-mudahan mereka bisa mengamalkan dan mengimplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama ini di UT, untuk kepentigan diri dan keluarganya, serta masyarakat pada umumnya, dan bersama-sama membangun Sumut.

Para wisudawan juga diiminta untuk menjaga nama baik almamater, karena hal ini sangat penting. “Mudah-mudahan mereka juga bisa menyampaikan kesan-kesan yang positif ke masyarakat, supaya nanti akan semakin banyak anggota masyarakat yang bisa melanjutkan pendidikan Perguruan Tinggi (PT) melalu UT,” sebutnya.

Proyeksi UT ke Depan

Disinggung mengenai proyeksi UT ke depan, Ojat menjelaskan, seiring dengan status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Layanan Umum (PTN-BLU) menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), UT akan membuka program-program studi baru yang dibutuhkan oleh masyarakat di Sumut.

“Ada Program Studi Sains Data, serta program-program studi lainnya yang akan dibuka,” tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi