Kebakaran di Bajak V, TMP Sumut Bantu Sembako

Kebakaran di Bajak V, TMP Sumut Bantu Sembako
Rumah warga yang terbakar tinggal puing dan rata dengan tanah (Analisadaily/Zulnaidi)

Analisadaily.com, Medan - Kebakaran besar terjadi di kawasan Jalan Bajak V, Gang Bahagia, Kelurahan Harjosari 2, Medan Amplas, Selasa (6/7) sekira pukul 11.00 WIB.

Kebakaran menghanguskan 8 unit rumah semi permanen. Kobaran api begitu cepat terjadi sehingga dalam waktu 15 menit rumah lukuh lantak di lahap si jago merah. Para korban hampir tidak sempat menyelamatkan harta benda. Apalagi saat kejadian sebagian besar rumah kosong.

Salah seorang korban, Subandi mengaku, baru mendapat kabar sekira pukul 12 siang dari keluarganya. Bahwa rumahnya sudah hangus dilahap si jago merah.

Ketua TMP Sumut Brilian Moktar memberikan bantuan sembako kepada para korban kebakaran di Bajak V, Mplas, Rabu (6/7). (Analisadaily/Zulnaidi)
"Aku dengar dari keluarga kalau rumah kami terbakar. Dengar itu lemas kakiku. Yang kuingat hanya anak yang lagi demam. Untungnya anak dibawa istriku belanja ikan," sebut Subandi.

Subandi mengaku sedih karena semua harta benda seperti pakaian, alat elektronik dan surat berharga habis terbakar. "Padahal baru seminggu ini beli beberapa tv dan kipas, semua habis terbakar. Macam mana lagi, sabar ajalah," ungkapnya.

Selain itu, korban lainnya, rumah Bambang Susanto, Ketua Ranting PDIP Harjosari 2. "Tidak ada yang terselamatkan barang barang. Saat kebakaran saya tidak ada di rumah," sebutnya.

Kepling 8 Harjosari 2, Novriandi menjelaskan, kebakaran menghanguskan 5 rumah warga. Sedangkan tiga lagi terbakar sekira 40 persen.

Sejauh ini, katanya, tim kelurahan sudah turun sejak awal kebakaran. Tim dari BPPD Medan dan Tagana Dinas Sosial juga sudah ada. "Tim ini akan berada di sini sekira tiga hari selama masa tanggap darurat. Mereka membuat tenda darurat dan dapur umum," ucapnya.

Bantuan sudah ada datang baik dari organisasi kemasyarakatan maupun pribadi donatur yang peduli.

Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Sumut Brilian Moktar SE MM MH juga turun ke lokasi. Dia memberikan bantuan sembako kepada para korban.

Dia berharap warga tetap bersabar atas musibah ini. Selain itu, dia juga berharap warga lainnya juga ikut peduli. Paling tidak, kita harapkan rumah warga yang hangus itu bisa terbangun lagi atas bantuan masyarakat lainnya," sebut Ketua Perwakilan Umar Buddha Indonesia (Walubi) Sumut ini.

Selain itu, mantan anggota DPRD Sumut dua periode ini menilai, selama ini banyak kasus kebakaran akibat korlseting listrik. Untuk itu, katanya didampingi Ketua PAC PDIP Amplas Kawar Sembiring, pemerintah patut gencar menyosialisasikan tentang bahaya kebakaran akibat listrik. Sehingga warga lebih care terhadap listrik di kediaman mereka masing masing.

(NAI/JG)

Baca Juga

Rekomendasi