Pertamina Sosialisasikan Registrasi 'My Pertamina' di Siantar

Pertamina Sosialisasikan Registrasi 'My Pertamina' di Siantar
Penjabat Sementara Sales Branch Manager (SBM) Rayon III, Ahmad Fernando bersama Pengusaha SPBU Petrus Stuart Miller Sirait di Jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Kamis (21/7). (Analisadaily/Fransius Hartopedi Simanjuntak)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Mendukung program pemerintah pusat dalam penyaluran BBM bersubsidi jenis Solar dan Pertalite agar tepat sasaran, Pertamina melaksanakan sosialisasi registrasi bagi pengguna (konsumen) bahan bakar minyak (BBM) subsidi dengan mendownload aplikasi mypertamina atau www.subsiditepat.mypertamina.id.

"sosialisasi pengisian registrasi pengguna BBM subsidi di Sumut untuk tahap awal ada dua titik (projek) ditentukan yakni di kota Pematangsiantar dan kota Sibolga," kata Penjabat Sementara Sales Branch Manager (SBM) Rayon III, Ahmad Fernando di SPBU Jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Kamis (21/7).

Kata dia, program ini mendukung program pemerintah pusat yang ditunjuk kepada pertamina untuk melakukan pendataan yang berhak mendapatkan BBM Subsidi yakni solar dan pertalite.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi yakni KTP, foto diri, foto STNK, foto kendaraan, foto nomor polisi kendaraan di upload dalam aplikasi yang tersedia, akan diverifikasi Pertamina pusat, apakah berhak atau tidak mendapatkannya subsidi dimaksud.

"Imbauan kepada masyarakat Pematangsiantar dan sekitarnya silakan mendaftar dan meregistrasi di website yang tersedia dan pihaknya akan memverifikasinya. Nantinya setelah diverifikasi data, akan dikirimkan melalui email masing-masing penerima menerima berbentuk baracode hasil verifikasi," ucapnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan mulai 19 Juli 2022 sampai hari ini di dua lokasi SPBU Jalan Ahmad Yani dan Jalan Sisingamangaraja di Kota Pematangsiantar.

"Tentunya registrasi ini akan bergulir ke SPBU lainnya di Siantar. Tahapan registrasi khusus bagi pengguna kendaraan roda empat dan enam jenis BBM solar dan pertalite. Kalau roda dua belum diregistrasi. Semua program ini dari pusat yang dilaksanakan serentak di Indonesia. Setelah habis bulan Juli 2022 ini, akan bergulir di kabupaten/kota seluruh Indonesia," kata dia.

Diterangkan dia, ke depannya pembelian BBM jenis solar dan pertalite harus menunjukkan barcode aplikasi mypertamina sesuai hasil verifikasi dan jika tidak ada barcode tidak akan dilayani. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan kita masih terus mensosialisasikan untuk membantu registrasi sampai akhir tahun ini.

Saat ditanya sudah sejauh mana animo masyarakat berkaitan sosialiasi ini, ia menerangkan sejak tanggal 19 Juli 2022 sampai saat ini, sudah ada 530 peserta yang registrasi, baik itu pengguna solar dan pertalite di Kota Pematangsiantar mendaftar secara online maupun off line.

"Jadi registrasi itu bisa dilakukan dimana saja. Baik di SPBU dan pertamina. Tinggal klik website tersedia dan download saja mypertamina," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengusaha SPBU di Kabupaten Simalungun, Petrus Stuart Miller Sirait, siap mendukung program pemerintah ini.

"Kita siap mendukung program ini, agar benar-benar BBM Subsidi jenis Solar dan Pertalite didapatkan masyarakat sebagaimana mestinya," ucapnya.

(FHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi