Bupati Batubara Zahir Launching Aplikasi E-SAKIP

Bupati Batubara Zahir Launching Aplikasi E-SAKIP
Launching Aplikasi E-SAKIP (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batubara - Untuk memudahkan penyusunan dan pelaporan anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara, Bupati Zahir meluncurkan aplikasi Elektronik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (E-SAKIP).

Peluncuran aplikasi E-SAKIP digelar di Hotel Garuda Plaza Medan, yang dirangkai dalam acara Pra Evaluasi SAKIP di Lingkungan Pemkab Batubara oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Jumat (5/8).

Acara tersebut juga diisi dengan pembacaan pakta integritas pencegahan dan pemberantasan korupsi kolusi dan nepotisme, dilanjut dengan penandatanganan fakta integritas yang dimulai oleh Sekdakab Batubara diikuti para Kepala OPD dan camat.

Acara dilanjutkan dengan penekanan tombol yang menandai launching E-SAKIP oleh Bupati Zahir dan pemberian cendera mata kepada tamu dari Kemenpan-RB.

Bupati Zahir mengatakan, Kabupaten Batubara akan terus berkomitmen dan konsisten mengimplementasikan amanat Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, transparan dan tepat guna, dan akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Batubara.

"Saat ini nilai SAKIP Batubara belum mencapai B, masih C dan CC. Ternyata masih banyak dalam pembuatan visi misi Bupati dan penjabaran yang dibuat oleh dinas tidak nyambung dengan yang dibuat kabag masing masing dinas, sehingga perlu kita melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan agar nanti dalam penyusunan SAKIP bisa lebih baik," ungkap Zahir.

(AP/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi