Kejurnas Reli di Danau Toba Sukses, Sumut Lulus Tuan Rumah APRC Bulan Depan

Kejurnas Reli di Danau Toba Sukses, Sumut Lulus Tuan Rumah APRC Bulan Depan
Kejurnas Reli di Danau Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simalungun - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 yang digelar di Danau Toba berjalan sukses. Dengan suksesnya kejurnas ini, Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan lulus menjadi tuan rumah Asian Pasific Rally Championship (APRC) pada 23-25 September 2022 mendatang.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah saat memberikan sambutan pada penutupan Danau Toba Rally 2022 yang digelar di Parapat, Sumut, Minggu (7/8).

"Ke depan kita masuk acara yang lebih bergengsi lagi. Karena sudah bisa tingkat Asia. Dan ini tidak mudah. Semuanya dilihat saat Kejurnas ini. Dan kita sudah dinyatakan lulus dan ikut APRC. Sebelumnya kita hanya kandidat," ujarnya.

Dengan berjalan lancarnya Kejurnas Rally 2022 ini, Musa Rajekshah mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak. "Ini menjadi titik awal kita untuk menjadi kejuaraan rally dunia," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan pria yang akrab disapa Ijeck tersebut bahwa Rally ini bisa menyatukan semua golongan dan tingkatan. Melalui olahraga maka menjunjung tinggi sportifitas. Tidak kenal warnanya apa dan berasal dari mana.

"Kesuksesan rally ini karena semuanya. Masyarakatnya yang mendukung, panitianya yakni dari IMI dan seluruh jajaran lainnya termasuk TNI dan Polri yang sudah ikut mengamankan berlangsungnya Kejurnas Rally 2022," ucapnya.

Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution mengatakan, pada APRC mendatang, sejumlah pereli dunia sudah beberapa konfirmasi akan hadir yakni pereli dunia dari India dan pereli dunia dari Jepang.

"Kita akan tambah tracknya nanti. Kita buat lebih panjang agar masyarakat dari berbagai daerah tetap bisa melihat," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam acara Kejurnas Rally 2022 Danau Toba ini, untuk juara kategori M1 diraih oleh Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia. Untuk kategori M2 diraih Bintang Bartean dari BRM Motorsport. Kemudian juara M3 yakni Benny Lautan dari RFT Motorsport.

Kategori F1 yakni Sunny Boy, F2 yakni Andrew Hutabarat, F3 yakni Yoseph Suryanto. Kategori R3 yakni Ronny JS dan terakhir kategori J2 Achmad Aldio Oekon.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi