Kebakaran di Perbukitan Danau Toba, Luasnya Terus Bertambah

Kebakaran di Perbukitan Danau Toba, Luasnya Terus Bertambah
Kebakaran di perbukitan Danau Toba Terbakar (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Samosir - Kebakaran melanda kawasan perbukitan Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Kebakaran terjadi sejak Jumat, 5 Agustus 2022, malam hingga saat ini mengakibatkan banyak titik api.

"Luas kali titiknya (kebakaran)," kata Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Sumut, Herianto, Senin (8/8/2022).

Diungkapkannya, berdasarkan data sementara yang diperoleh, lokasi kebakaran terjadi di kawasan perbukitan Danau Toba, yaitu di sekitar perbukitan Pusuk Buhit, Tele, dan Hariarapintu, Kabupaten Samosir.

Para personel gabungan telah diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk proses pemadaman, baik dari Dinas Kehutanan, BPBD, TNI, Polri, dan Manggala Agni.

"Masih kita hitung (luas kebakaran) karena bertambah terus," Herianto mengungkapkan.

Untuk saat ini belum diketahui berapa jumlah luas yang terbakar di perbukitan Danau Toba tersebut. Karena masih dilakukan pengumpulan data.

"Anggota sudah saya suruh ukur pakai drone atau secara peta. Banyak kali titik (api)," ujarnya.

Herianto meminta waktu untuk data secara detail. Karena anggotanya masih bekerja di lapangan melakukan pemadaman dan pengumpulan data terkait luas terbakar.

"Kasih saya waktu, biar saya minta keseluruhan data. Anggota masih bekerja di lapangan," sebutnya.

Proses pemadaman api terus dilakukan di perbukitan Danau Toba, Kabupaten Samosir, yang dilalap si jago merah dengan melibatkan tim gabungan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi