Seribuan Pencari Kerja Padati "Job Fair" UMSU

Seribuan Pencari Kerja Padati
Acara "Job Fair" UMSU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Seribuan lebih pencari kerja padati arena "job fair" yang digelar Career Development and Alumni Center Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di auditorium kampus Jalan Kapten M Basri, Medan, Sabtu (13/8).

Bursa kerja yang digelar CDAC UMSU diikuti sebanyak 22 perusahaan yang membuka beragam lowongan kerja. Perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja antara lain, perbankan, pembiayaan, perkebunan dan media.

Acara ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman kerja sama antara UMSU yang langsung diwakili Rektor, Prof Agussani dan pimpinan perusahaan. Abdul Wahab Nasution Selaku Branch Manager PT. Prima Karya Sarana Sejahtera, Rida Darani Selaku Human Capital Bisnis Partner Manager Sumatera PT. BFI Finance Indonesia serta Azza Aprisaufa selaku founder Jasa Sarjana Indonesia

Rektor UMSU, Prof. Agussani mengatakan, bursa tenaga kerja yang digelar UMSU merupakan bagian dari tanggung jawab dan layanan bagi para alumni. "Job Fair" juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari standard kualitas perguruan tinggi baik secara nasional dan internasional.

Dijelaskan Rektor, UMSU merupakan perguruan tinggi yang mendapatkan bintang empat dari lembaga pemeringkatan internasional, QS Star. Salah satu indikatornya adalah keterserapan alumni di perusahaan, ketersediaan pembimbing karir dan jumlah perusahaan yang menjalin kolaborasi dengan universitas.

"CDAC yang sebelumnya bernama Pusat Jasa Ketegakerjaan adalah bentuk komitmen UMSU untuk menyediakan peluang kerja bagi lulusan untuk sukses berkarir di masa depan," katanya.

Sememtara Ketua CDAC UMSU, Sukma Lesmana mengatakan, ada tiga tugas utama lembaga yang dipimpinnya. Pertama persiapan karir dengan memyelenggarakan seminar workshop training pengemvabgan karir. Berikutnya penyelenggaraan bursa kerja atau job fair untuk menghubungkan lulusan dengan perusahaan. Terakhir tracer study untuk mwngukur keberadaan dan kinerja lulusan di dunia kerja.

Dijelaskan dia, bursa kerja yang diaelenggaran Tahun 2022 diikuti oleh 22 perusahaan dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.500 orang. "Job fair yang diselenggarakan tahun ini adalah yang ketujuh, namun sempat dilakukan secara virtual selama masa pandemi," katanya.

Job fair sendiri diikuti oleh para sarjana alumni dari berbagai kampus negeri dan swasta di Sumatera Utara. Harapannya kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan solusi peningkatan daya serap lulusan perguruan tinggi.

Kegiatan job fair yang ketujuh dilaksanakan bekerjasama dengan PT Prima Karya Sarana Sejahtera. Turut hadir para wakil rektor, lembaga, pimpinan fakultas dan prodi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi