Sambut HUT ke 77 RI, Walubi Ziarah ke Makam Pahlawan

Sambut HUT ke 77 RI, Walubi  Ziarah ke Makam Pahlawan
Pembimas Buddha Provinsi Sumatera Utara Budi Sulistiyo SAg MPdB, Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar SE MM MH dan lainnya membawa karangan bunga ke atas tugu Makam Pahlawan, Minggu (14/8). (Analisadaily/Zulnaidi)

Analisadaily.com, Medan - Pengurus Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Medan dan Sumatera Utara berziarah ke taman makam pahlawan (TMP), Minggu (14/8) siang. Ziarah ke TMP dalam rangka menyongsong HUT RI tahun ini.

Hadir Pembimas Buddha Provinsi Sumatera Utara Budi Sulistiyo SAg MPdB, Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar SE MM MH, Ketua Panitia Ridwan dan pengurus Walubi di antaranya Albert Masli, Budi Malem, Harry, Hartopo Wirjono, Xu Li Li, Situ Yong, Sailesh, Oemar W, Christine Japar dan lainnya.

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, upacara hening cipta dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga. Setelah itu pengurus Walubi menabur bunga di beberapa malam pahlawan di antaranya pusara mantan Gubsu Marah Halim Harahap, mantan Gubsu Raja Inal Siregar dan ke makam pahlawan yang beragama Buddha.

Pembimas Buddha Provinsi Sumatera Utara Budi Sulistiyo SAg MPdB, Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar SE MM MH dan lainnya menabur bunga di makam Almarhum Gubsu Marah Halim Harahap, Minggu (14/8).
Menurut Ketua Panitia Ridwan, kegiatan ini rutin mereka lakukan setiap menjelang HUT Kemerdekaan RI. Kali ini mereka membawa 150 anggota Walubi baik Sumut dan Walubi Medan.

"Selain ziarah, kita juga melakukan bakti sosial dengan memberikan sembako kepada penjaga makam," jelasnya.

Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar mengatakan, Walubi Sumut bertujuan membangkitkan rasa nasionalisme. Di TMP ini, ada 12 pahlawan yang berasal dari agama Buddha.

“Kita berziarah dan peletakan karangan bunga dan menaburkan bunga ke sejumlah malam pahlawan. Selain doa umum saat di awal tadi, kita juga membacakan doa khusus untuk pahlawan kita yang berasal dari agama Buddha," sebutnya.

Brilian berharap, kegiatan ini menjadi agenda rutin Walubi ke depannya. Ke depan, Walubi akan melibatkan beberapa organisasi generasi muda Buddhis yang ada.

Sementara Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Sumut Budi Sulistiyo mengapresiasi apa yang dilakukan pengurus Walubi Sumut dan Medan ini. "Dengan kegiatan ini berarti Walubi sudah berkontribusi aktif dalam menyongsong hari kemerdekaan RI tahun ini," sebut Pembimas.

Menurutnya, bangsa Indonesia yang besar ini ada berkat perjuangan dan jasa para pahlawan. Oleh karena itu, umat Buddha sangat menghargai sekali dan sudah sewajarnya memberikan darma bakti dan mendoakan para pahlawan yang rela berkorban harta dan jiwa untuk negeri ini," sebut Budi.

Di akhir ziarah, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Sumut Budi Sulistiyo memimpin doa khusus untuk para pahlawan diikuti pengurus Walubi lainnya.

(NAI/JG)

Baca Juga

Rekomendasi