Masyarakat Batubara Dukung Edy Rahmayadi Hibahkan RSU Indrapura

Masyarakat Batubara Dukung Edy Rahmayadi Hibahkan RSU Indrapura
Unjuk rasa masyarakat Batubara di Simpang Kuala Tanjung, Senin (15/8). (Analisadaily/Alpian)

Analisadaily.com, Batubara - Ratusan Masyarakat Batubara menggelar aksi demo di Tugu Inalum Simpang Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka Batubara, mendukung Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi terkait hibah Rumah Sakit Umum Indrapura, Senin (15/8).

Massa menyatakan sikap penyesalan dan kecewa atas penolakan Partai Golkar melalui Fraksi Golkar DPRD Sumut terhadap pemberian hibah asset RSU Indrapura kepada Pemkab Batubara.

Elemen masyarakat Batubara yang melaksanakan demo, diantaranya, Gemkara, KNPI, Pemuda Pancasila, AMPI, NU, GP Ansor, Pujakesuma, Generasi Muda Alittihadiyah, SPSI, STIT. Aksi berjalan damai mendapat pengawalan aparat kepolisian tidak sempat memacatkan arus lalu lintas.

Massa mengecam keras sikap Fraksi DPRD Sumut menolak pemberian hibah asset RSU Indrapura. Mereka tidak pro rakyat padahal rakyat Batubara juga ada anggotanya.

Salah satu peserta aksi, Sawaluddin, meminta Airlangga Hartarto mencopot Anggota Fraksi DPRD Sumut, Irham Buana dan Dodi Thahir bisa merusak citra partai di tengah rakyat," tegas Sawaluddin.

Zulkarnain Achmad juga tidak yakin Ketua Partai Golkar Musa Rajekshah menginstruksikan Fraksi Golkar menolak hibah asset RSU Indrapura ke Pemkab Batubara meskipun Fraksi merupakan perpanjangan Partai. Sebab, Musa memiliki ikatan emosional sangat kuat dengan Batubara.

Ketua Umum Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Batubara, Khairul Musim membacakan pernyataan sikap, mendukung kebijakan Edy Rahmayadi menghibahkan asset RSU Indrapura kepada Pemkab Batubara.

"Kebijakan arif dan bijaksana Edy Rahmayadi itu memiliki alasan sangat kuat demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Sumut di Batubara. Faktanya selama ini, UPT RSU Indrapura milik Pemprov Sumut itu belum dikelola secara baik dan maksimal sehingga belum memberi manfaat sebesar-besarnya bagi upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat," kata dia.

Maka sangat wajar bila Gubernur Edy menghibahkan RSU Indrapura supaya dikelola dengan manajemen profesional. Apalagi lokasi rumah sakit berdekatan dengan Kawasan Industri Strategis Nasional Kuala Tanjung membutuhkan rumah sakit representatif dan modern.

Berkaitan penolakan Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut, hal itu urusan mereka. Berarti mereka tidak peka dan tidak mau membantu masyarakat Batubara.Namun harus diingat, ini hak azasi rakyat Batubara.

Justru itu, jangan ada satupun oknum atau kelompok atau bahkan partai yang coba-coba menghalangi upaya pemerintah atau Edy untuk memberi fasilitas kesehatan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat Batubara.

Hibah menunjukkan bukti Edy memiliki komitmen tinggi mewujudkan rakyat Batubara sehat, cerdas dan sejahtera.

"Edy jangan ragu, jangan takut, jangan gentar, tidak goyah,tidak mundur setapakpun.Rakyat Batubara siap berada di depan dan dibelakang Gubernur," tegas Khairul.

"Saya yakin Edy pasti sudah melakukan kajian dari berbagai aspek termasuk soal regulasi. Itu kita serahkan kepada pak Edy," tandasnya.

Aliansi Masyarakat Batubara juga menyampaikan pernyataan sikap ke DPRD Batubara diterima Darius, Ahmad Muktaz, Sarianto Damanik, Syahril, Mukhlis Bahtin.

DPRD Batubara mendukung pemberian hibah RSU Indrapura peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

"Dewan juga telah mengalokasikan anggaran Rp.1,4 Miliar untuk pembangunan/renovasi RSU Indrapura," Ahmad dari Fraksi PKS.

Pemberian hibah asset RSU Indrapura berdasarkan NPHD Antar Pemprov Sumut dan Pemkab Batubara Nomor 593/7406/2022, Nomor 032/3969/2022 tanggal 7 Juli 2022 ditandatangani Sekda Provinsi Sumut, Affi Lubis dan Sekda Kabupaten Batubara, Sakti Alam Siregar.

(AP/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi