Ida Fauziyah Dukung Pengembangan Talenta Muda Kota Medan

Ida Fauziyah Dukung Pengembangan Talenta Muda Kota Medan
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Meningkatkan kapabilitas dan produktifitas generasi muda Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Talent Talks yang mengusung tema Inclusive Labour Market for a Better Work Environment di Kota Medan, Sabtu (20/8).

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah menyampaikan, pengembangan talenta muda Indonesia perlu dilakukan untuk menghadapi fenomena Bonus Demografi yang akan terjadi pada tahun 2030.

"Selain itu, Talenta Muda Indonesia juga harus mampu menuju generasi emas Indonesia 2045," kata Ida.

Kata dia, Kemenakar sendiri telah mencanangkan 9 lompatan besar yang terdiri dari transformasi Balai Latihan Kerja (BLK), Link and Match Ketenagakerjaan. Kemudian, Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja, Pengembangan Talenta Muda, Perluasan pasar Kerja Luar Negeri, Visi Baru Hubungan Industrial, Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan, Pengembangan Ekosistem Digital Ketenagakerjaan, dan Reformasi Birokrasi.

"Wujud dari salah satu sembilan lompatan, yaitu terkait degan pengembangan ekosistem digital, dan adanya aplikasi SIAPKerja kepada generasi muda Kota Medan. Aplikasi ini nantinya untuk penunjang ketemunya antara pencari kerja dengan calon pencari kerja," ucap Ida.

Lebih lanjut, Ida menyebutkan, untuk mendukung pengembangan talenta muda, Kemnaker juga telah menciptakan program-program khusus melalui Talenthub Kemnaker RI. Ida juga berpesan, kepada para talenta muda kota Medan untuk terus berkreasi dan berkolaborasi.

"Tidak hanya mempersiapkan diri sebagai pencari kerja, namun juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan," ujarnya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan agar kiranya talenta muda Sumut dapat berkreasi dalam membangun talenta muda yang inovatif.

Kegiatan Talent Talks Kemnaker RI ini sebelumnya sudah terselenggara di beberapa daerah yakni Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kemnaker RI juga akan mengadakan Talent Talks ini di seluruh Indonesia sebagai pendukung talenta dan pengembangan karir generasi muda.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi