33 Rumah di Kampung Matfa Terbakar, Kerugian Diperkirakan Rp 900 Juta

33 Rumah di Kampung Matfa Terbakar, Kerugian Diperkirakan Rp 900 Juta
Kebakaran di Kampung Matfa, pondok RT 3 Darussalam, Dusun III Darat Hulu Desa Telaga Said Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, terbakar, Senin (29/8) (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Sei Lepan - Rumah di Blok D, Blok E dan Blok E yang terdiri dari 33 pintu di Kampung Matfa, pondok RT 3 Darussalam, Dusun III Darat Hulu Desa Telaga Said Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, terbakar, Senin (29/8) pukul 11.10 WIB.

Kendati tidak ada korban jiwa pada kejadian itu, namun semua barak terbakar rata dengan tanah dan kerugian materil yang dialami sekitar Rp900 juta.

Kapolsek Pangkalan Berandan, AKP Bram Chandra, menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pukul 11.10 WIB.

"Peristiwa kebakaran rumah berbentuk barak tersebut yakni jumlahnya sebanyak 3 bara, " ujar Bram.

Dijelaskannya, kejadian tersebut bermula dari seorang anak yang berteriak kebakaran, kemudian mereka berusaha menyiram dengan air, namun tidak berhasil memadamkannya. Setelah itu, masyarakat ramai berusaha memadamkan api, namun api menyebar keseluruh barak dan membakar ketiga barak tersebut.

"Pada peristiwa itu, sebagian penghuni barak sedang bekerja, sehingga semua penghuni rumah tidak ada yang menjadi korban, sedangkan penyebab dari terjadinya kebakaran ini, diduga akibat konsleting listrik," jelasnya.

Sedang rumah berbentuk barak tersebut sebanyak 3 blok yaitu Blok D, Blok E dan Blok E, dan jumlah barak 33 pintu. Semua barak tersebut terbakar rata dengan tanah, sedangkan jumah jiwa yang menghuni dari ketiga barak itu sebanyak 136 jiwa.

Camat Sei Lepan, Muhammad Iqbal Ramadhan, ketika melihat peristiwa tersebut juga telah memberikan bantuan kepada warga yang mengalami kebakaran, berupa beras, mie instan dan lainnya.

Dia berharap, agar warga yang tertimpa musibah untuk bersabar menerima cobaan dari Allah SWT.

“Saya sudah perintahkan kepala desa untuk segera membuat posko serta memberikan bantuan bahan pangan kepada para korban,” pungkasnya.

(HPG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi