Dolly Pasaribu Ajak Kaum Ibu Tingkatkan Taraf Hidup Lewat Bertani

Dolly Pasaribu Ajak Kaum Ibu Tingkatkan Taraf Hidup Lewat Bertani
Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu, mengajak kaum ibu meningkatkan taraf hidup lewat bertani (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu, mengajak kaum ibu meningkatkan taraf hidup lewat bertani.

"Dengan menyentuh sistem pertanian, maka kesejahteraan petani bisa meningkat. Ini sesuai niat saya di awal menjabat," katanya saat menghadiri Penutupan Arisan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di Aula Kantor MUI, Jalan Prof Lafran Pane, Kecamatan Sipirok, Minggu (4/9).

Dalam kesempatan itu, Dolly menceritakan beberapa hari lalu dia diundang Gubernur Sumut, Edu Rahmayadi, membahas bagaimana sumbangsih Tapsel dalam meningkatkan pertanian provinsi.

"Maka, saat ini kami tengah memformulasikan program untuk peningkatan sektor pertanian, yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tapsel umumnya. Saya berharap ibu-ibu BKMT bisa menjadi motor penggerak geliat pertanian di desa masing-masing," imbuhnya.

Dicontohkannya, Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, di tengah kenaikan harga BBM yang pasti berimbas pada kenaikan kebutuhan pokok, mereka sudah menggencarkan menanam bawang merah selaku tanaman yang tidak tergerus inflasi.

"Inovasi seperti itu perlu ditiru oleh desa lain, agar Kabupaten Tapsel tak perlu penuhi kebutuhan pokoknya dari luar daerah," katanya.

Saat ini, lanjut Bupati Dolly, Covid-19 telah menurun penyebarannya, sehingga masyarakat bisa secara bertahap melaksanakan kegiatan berjenjang untuk memperbaiki sisi ekonomi maupun sosial dalam kehidupan sehari-hari.

"Kecamatan Arse dan Batang Toru telah berhasil menjalankan koperasi BKMT. Semoga diikuti kecamatan lain. Bayangkan jika program ini berhasil, maka akan ada sebanyak 28 ribu lebih anggota BKMT yang taraf ekonominya meningkat," sebutnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel, Rosalina Dolly Pasaribu, mengharapkan anggota BKMT bisa terus menjaga solidaritas dan kerja sama yang baik, mulai dari tingkat kecamatan, hingga kabupaten.

"Semoga BKMT selalu diberi kekuatan dan dilindungi Allah SWT, karena tujuan BKMT memperkuat tentang kajian keislaman," ujarnya.

Ketua BKMT Kabupaten Tapsel, Rosmayati Ritonga, melaporkan setiap tanggal 4 per bulan, BKMT melakukan pertemuan.

"Kita berencana arisan BKMT nanti akan dilaksanakan di kecamatan. Selain sebagai wujud hablumminallah wahablumminannas, juga sebagai pertukaran wawasan bagi seluruh anggota BKMT ke depan. Mohon dukungan dari Bupati dan Ketua TP PKK Tapsel, agar BKMT lebih bagus ke depan, sehingga dapat bekerja sama secara, ikhlas, mandiri, maju dan jaya dalam rida Ilahi," pintanya.

Acara dirangkai tausiah oleh Ketua MUI Kabupaten Tapsel, Ahmad Ghazali.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi