Perdana Menteri Australia Hormati Ratu Elizabeth II

Perdana Menteri Australia Hormati Ratu Elizabeth II
Gambar Ratu Elizabeth dari Inggris disinari di layar Sydney Opera House, menyusul wafatnya sang Ratu, di Sydney, Australia, pada 9 September 2022. (Reuters/Jaimi Joy)

Analisadaily.com, Sydney - Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese memberikan penghormatan kepada Ratu Inggris Elizabeth II dengan upacara peletakan karangan bunga di Gedung Parlemen di Canberra pada Sabtu (10/9).

Albanese, Gubernur Jenderal David Hurley dan pejabat lainnya berjalan melalui parlemen ke Queen's Terrace, di mana mereka meletakkan karangan bunga di kaki patung perunggu Ratu Elizabeth II.

Ratu, yang meninggal pada hari Kamis (8/9) dalam usia 96 tahun, meluncurkan patung perunggu dirinya di teras pada tahun 1988, saat mengunjungi Australia untuk membuka gedung parlemen baru negara itu.

Raja Inggris adalah kepala negara di Australia, di antara 14 kerajaan di luar Inggris, meskipun perannya sebagian besar seremonial. Ada curahan upeti di Australia sejak kematian ratu, yang merupakan raja terlama yang memerintah Inggris dan tokoh bangsa selama tujuh dekade.

Sebagai tanda penghormatan, bendera Australia dikibarkan setengah tiang dan pada hari Jumat penghormatan 96 senjata, satu putaran untuk setiap tahun kehidupan ratu - berlangsung di halaman depan Gedung Parlemen.

Albanese, yang telah berbicara untuk mendukung gerakan menuju republik, pada hari Jumat menyatakan belasungkawa atas kematian Ratu.

"Hari ini adalah hari untuk satu isu dan satu isu saja, yaitu memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II," kata Albanese dilansir dari Reuters dan Channel News Asia.

Ratu Elizabeth II secara teratur mengunjungi Australia selama masa pemerintahannya, melakukan 16 kunjungan, dengan yang pertama pada tahun 1954 dan yang terakhir pada tahun 2011.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi