Apa Itu Software HRD, Jenis, Fitur dan Rekomendasinya

Apa Itu Software HRD, Jenis, Fitur dan Rekomendasinya
Foto ilustrasi (Talenta.co)

Analisadaily.com, Jakarta - Software HRD ini sangat diperlukan untuk mengefisiensikan kinerja dan performa HRD. Semakin berkembangnya perusahaan tentu akan membuat karyawan yang dibutuhkan semakin banyak. Jika karyawan tidak bisa di manajemen dengan baik akan membuat performa perusahaan menjadi menurun. Karyawan adalah penggerak roda bisnis sehingga jika ada masalah dengan roda tersebut tentunya jalan atau laju perusahaan menjadi tidak lancar dan bermasalah.

Pengertian software HRD sendiri adalah sistem yang pada dasarnya digunakan dan berperan besar untuk membantu perusahaan dalam mengatur dan juga mengelola data informasi karyawan. Sistem pada software HRD tersebut akan mendukung fungsi atau pekerjaan HR sehingga tugas dari HRD akan bisa dirampingkan dan diminimalkan. Selain itu software HRD ini juga digunakan untuk merencanakan berbagai macam proses kerja yang lebih baik, mengambil keputusan secara cepat dan tepat, dan lain sebagainya.

Bagaimana Sistem Software HRD Dapat Membantu Departemen HR?

Software HRD menyimpan banyak data karyawan termasuk keterampilan karyawan, detail penilaian, keterampilan tambahan atau pengalaman karyawan, pelatihan yang diberikan oleh perusahaan, dan lain-lain yang berguna bagi manajer HR selama perekrutan, pemindahan, dan penilaian.

Bila akan ada kekosongan dalam organisasi, manajer HR secara langsung dapat memeriksa data karyawan dan mencari pengganti karyawan yang kosong tersebut. Dengan cara ini, perusahaan dapat menghemat biaya pada proses rekrutmen dan pada saat bersamaan, karyawan juga akan merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan yang terus memotivasi mereka.

Sistem software HRD yang efisien akan selalu memberikan notifikasi mengenai apapun, termasuk hari-hari spesial dari masing-masing karyawan. Sistem ini akan mencatat tanggal lahir setiap karyawan sehingga HR dapat merencanakan perayaan ulang tahun bagi karyawan yang bersangkutan semenjak jauh hari. Semua dokumen yang terkait dengan karyawan selalu tersedia untuk HR hanya dalams sekali klik.

Jika software HRD terhubung dengan daftar kehadiran dan catatan kerja karyawan, manajer HR dapat dengan mudah memeriksa karyawan yang mengerjakan proyek pada waktu tertentu dan juga bisa memberikan pekerjaan kepada karyawan yang belum mengerjakan apapun. Data yang sama kemudian dapat dikonsolidasikan dan dicek untuk dibuat perencanaan kerja. Hal ini mempermudah HR untuk memantau setiap karyawan terhadap pekerjaan yang ditugaskan dan waktu penyelesaian sehingga tindakan korektif dapat diambil kapanpun diperlukan.

Jenis Software HRD Indonesia Terbaik

Ada beberapa jenis software HRD dengan berbagai macam fungsi yang berbeda yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan yang ada punya. Ada software HRD yang bisa mengerjakan hampir semua fungsi dari HRD, namun ada pula yang hanya mencakup satu atau dua fungsi saja. Beberapa jenis software HRD yang bisa Anda gunakan adalah HRIS atau kepanjangan dari Human Resources Information System, HRMS atau Human Resources Management Systems, HCM singkatan dari Human Capital Management, ATS atau Applicant Tracking Systems, dan yang terakhir adalah payroll software HRD yang akan membantu Anda dalam proses penggajian.

Fitur dan Fungsi Software HRD

Banyaknya jenis software HRD tersebut membuat Anda harus selektif agar bisa menentukan jenis HR yang benar-benar tepat untuk perusahaan, jika tidak selektif maka software tersebut tidak dapat digunakan dan berjalan sesuai dengan fungsinya, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan kerugian. Ada baiknya jika Anda tahu fitur apa saja yang perusahaan Anda butuhkan. Beberapa fitur yang ada pada software HRD adalah database yang berisi informasi karyawan, sistem penggajian atau payroll, system tracking untuk pengguna, fungsi recruitment, manajemen performa, social HR feeds, manajemen benefit untuk karyawan, reporting, dukungan untuk pengolahan data, manajemen siklus karir karyawan, pengaturan pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya tidak semua fitur tersebut dibutuhkan oleh perusahaan sehingga penting bagi Anda untuk menentukan fitur apa saja yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Fitur yang akan Anda dapatkan ini beragam dimana akan disesuaikan dengan jenis software HRD yang akan Anda pilih. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari software HRD ini sangat tergantung dengan jenis software HRD yang Anda pilih. Manfaat utama yang bisa perusahaan dapatkan dengan menggunakan software HRD ini adalah memangkas waktu dan juga mengurangi tingkat kesalahan yang biasanya terjadi pada proses administrasi.

Jika selama ini waktu HRD habis pada saat proses administrasi maka hal ini tidak akan terjadi lagi jika mengaplikasikan software HRD ini di perusahaan Anda. Tingkat kesalahan dalam waktu entry data bisa diminimalisir, selain itu lebih hemat biaya karena mengurangi penggunaan kertas, klip, tinta, dan berbagai macam hal lainnya.

Rekomendasi 12 Software HRD Indonesia Terbaik

Kini, perusahaan-perusahaan di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan website dan aplikasi yang diciptakan untuk divisi HR (Human Resource). Banyak perusahaan menggunakan jasa tersebut karena memberikan kemudahan dalam menjangkau banyak hal yang berhubungan dengan karyawan. Mulai dari absensi, perizinan, kontrak, hingga ke pembayaran payroll.

Dengan demikian, semua proses tersebut bisa dilakukan dengan singkat. Dan tentunya tanpa harus mengeluarkan printilan seperti kertas untuk berbagai perizinan.

Nah, apabila Anda merasa perusahaan Anda membutuhkan website dan software HRD, berikut adalah 12 rekomendasi yang bisa Anda bandingkan.

  1. Mekari Talenta
Software HRD buatan Mekari Talenta menjadi pilihan terbaik dan terpercaya untuk perusahaan Anda. Software ini sudah mendapatkan banyak ulasan positif, dari orang- orang terdahulu yang sudah menggunakannya. Di mana software HRD ini memuat banyak fitur yang cukup bermanfaat. Sehingga mampu membantu pekerjaan HR menjadi lebih efektif serta efisien. Sistem yang berbasis teknologi cloud dan didukung aplikasi mobile, tentunya hal ini menambah keuntungan dalam operasional HR perusahaan.

Software HRD Mekari Talenta diusung dengan fitur-fitur andalan. Beberapa fiturnya yang menjadi pertimbangan antara lain sebagai berikut.

  • Fitur payroll, fitur ini berperan besar dalam membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan, secara lebih praktis.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing, dimanapun dia berada.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan, hal ini akan membuat karyawan semakin bertanggung jawab penuh dengan pekerjaannya. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

  1. KaryaOne
Website aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengurus administrasi karyawan yang meliputi pengelolaan cuti, izin, lembur, pendataan karyawan lama dan baru, multi shift, integrasi dengan fingerprint scanner, hingga proses payroll. Proses ini akan memakan waktu singkat dan jauh lebih mudah dibandingkan secara manual. Data karyawan yang masuk juga lebih detail dan akurat.

KaryaOne memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan demo secara gratis hingga 10 karyawan. Anda juga bisa memilih paket aplikasi yang tersedia dengan masing-masing fiturnya.

  1. Sleekr
Merupakan platform bisnis yang khusus didesain bagi para pelaku UKM di Indonesia. Sleekr membantu UKM untuk mengelola administrasi HR mulai dari perizinan, cuti, pengurusan pajak, dan sebagainya. Produk Sleekr Accounting juga membantu perusahaan untuk mengetahui informasi real-time mengenai keuangan perusahaan.

  1. OrangeHRM
Anda bisa memilih tiga produk utama dari OrangeHRM yang memiliki fitur masing-masing, yakni OrangeHRM Open Source, OrangeHRM Professional, ataupun OrangeHRM Enterprise.

Karena semua data terkumpul dengan menggunakan jaringan, website aplikasi ini memungkinkan Anda untuk “memantau” jalanya proses bekerja setiap perusahaan di manapun Anda berada. Anda bisa mengurus pengaturan absensi, training, rekrutmen, asuransi dan sebagainya.

  1. Linov HR
Linov HR menjamin sistem payroll sudah dibuat untuk meminimalisir eror dan kesalahan perhitungan. Layanan yang diberikan Linov HR juga termasuk persiapan dan pemeriksaan jumlah upah, kerja sama dengan bank, pajak, BPJS, dan lain sebagainya.

  1. KinHR
KinHR mencakup data detail karyawan, mulai dari profil, kehadiran, izin, cuti, lembur dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penilaian dan memantau performa karyawan yang berguna sebagai pendukung promosi pangkat.

  1. Kan’z Informatic
Kan’z Informatic menghadirkan beberapa fitur seperti pengelolaan absensi, payroll, pajak dan juga analysis tools.

  1. Andal software HRD
Salah satu produk dari Andalnya, yakni Andal PayMaster, membantu Anda untuk meningkatkan sistem HRD termasuk kehadiran, payroll, dan pajak. Sementara itu, Andal Linkage memungkinkan karyawan dan atasan untuk dapat mengakses data profil, absensi, lembur, cuti, klaim dan perubahan jadwal kerja.

  1. Weefer
Weefer menghadirkan berbagai fitur administrasi HR seperti pengurusan cuti, promosi pangkat, kontrak kerja, absensi, shift, dan sebagainya. Jika Anda ingin menguji coba ataupun meminta tim Weefer melakukan presentasi, Anda bisa mengajukan proposal terlebih dahulu.

  1. BSC
BSC memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan mencari seluruh data karyawan yang terdaftar hanya di satu platform. Selain itu, setiap karyawan juga bisa mengajukan izin maupun cuti melalui form yang tersedia, untuk kemudian langsung diketahui atasan masing-masing.

  1. Payroll Bozz
Payroll Bozz mengelola banyak tugas dalam bidang HR, mulai dari melihat dan memeriksa data absensi, payroll, sistem perizinan yang terintegrasi, pengelolaan pajak, hingga menggunakan tool untuk membuat laporan.

  1. Gadjian
Gadjian memungkinkan Anda untuk menghitung payroll, mengurus gaji, lembur dan THR. Anda juga bisa menghitung pajak secara aman serta mudah dalam mengumpulkan dan mencari data setiap karyawan.

software HRD ini akan membantu dan mengubah cara kerja perusahaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga penting bagi Anda untuk memilih jasa vendor yang terpercaya agar software HRD tersebut bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan harapan.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi