Kejurda ISSI Sumut Dibuka

ISSI Sumut Optimis Dulang Emas PON

ISSI Sumut Optimis Dulang Emas PON
Ketua Umum Pengprov ISSI Sumut diwakili Yudha Johansyah, Ketua Umum KONI Sumut diwakili Prof Agung dan panitia pelaksana Kejurda ISSI Sumut diabadikan dalam acara pembukaan Kejurda ISSI Sumut di GOR Futsal Dispora Sumut, Sabtu (15/10) sore. (Analisadaily/Faisal Pardede)

Analisadaily.com, Medan - Pengprov ISSI Sumut optimis balap sepeda Sumut mampu mendulang medali emas dalam penyelenggaraan PON XXI/2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum Pengprov ISSI Sumut Yudha Johansyah mengatakan hal tersebut mewakili Ketua Umum Pengprov ISSI Sumut Akbar Himawan Buchari dalam acara pembukaan Kejurda ISSI Sumut di GOR Futsal Disporasu Jalan Pancing Medan, Sabtu (15/10) sore.

Pembukaan Kejurda ISSI Sumut dihadiri Ketua Umum KONI Sumut diwakili Prof Agung Sunarno, Kadisporasu diwakili Kabid PPO Budi Syahputra.

Kejurda ISSI Sumut penyelenggaran akan berlangsung hingga Minggu (16/10) dan sambutan meriah dengan ikutsertanya atlet dari 23 kabupaten/kota.

“Kita optimis, sebab ISSI Sumut memiliki atlet yang berpotensi menyumbangkan medali emas dalam penyelenggaraan PON 2024 mendatang,” kata Yudha Johansyah.

Atlet BMX Sumut misalnya, menurut Yudha atlet Sumut mendulang medali emas dalam tiga penyelenggaraan Kejurnas terakhir yang digelar.

Dikatakan pula, Kejurda ISSI 2022 sangat penting, sebab melalui event ini, menjaring atlet untuk Pelatda Jangka Panjang juga dapat menambah jam terbang.

“Setelah itu, melalui Kejurda 2022 kita dapat melakukan pemetaan kekuatan balap sepeda Sumut dalam menghadapi PON 2024 mendatang,” ucap Yudha Johansyah.

Disebutkan, balap sepeda dalam PON 2024, bakal memperebutkan jumlah medali emas cukup besar mencapai 15 medali emas.

Dengan persiapan serius yang dilakukan, Pengprov ISSI Sumut optimis bisa berbicara banyak, dengan mendulang medali emas di PON 2024. Sebab itu ISSI Sumut meminta pihak terkait memberikan dukungan sepenuhnya kepada Pengprov ISSI Sumut dalam melakukan persiapan. “Kita berharap dukungan dari semua pihak terkait,” ujar Yudha Johansyah.

Kabid Binpres Pengprov ISSI Sumut yang juga Ketua Panpel Kejurda ISSI Sumut 2022, Khairul Azmi dalam sambutannya menyebutkan, Kejurda ISSI Sumut mempertandingkan berbagai nomor lomba. Selain nomor lomba BMX Free Style yang berlangsung di GOR Futsal Disporasu yang diikuti 26 atlet, Kejurda mempertandingkan nomor lainnya dalam hari yang sama.

Nomor lomba MTB (mountain bike) dalam hari yang sama mulai berlangsung di Tahura, Brastagi yang diikuti 40 atlet, mulai Sabtu (15/10). Sedangkan, nomor road bike dalam Kejurda ISSI Sumut ini diikuti 36 atlet dengan rute lomba dari Binjai-Tanah Karo. Masih dalam rangkaian Kejurda ISSI, menurut Khairul Azmi akan digelar nomor lomba BMX Cross di Asahan pada 23 Oktober 2022.

Khairul Azmi menambahkan, Kejurda ISSI Sumut juga bertujuan untuk menambah jam atlet balap sepeda Sumatera Utara, sekaligus melihat hasil pembinaan yang dilakukan ISSI daerah, serta ajang promosi dan degradasi atlet Pelatda Jangka Panjang.

Wakil Ketua I KONI Sumut Prof Agung Sunarno mengatakan, KONI Sumut saat ini sedang mempersiapkan diri menghadapi PON dengan menjaring atlet-atlet terbaik, melalui kegiatan Selekda, Kejurda dan dalam waktu dekat Porprovsu.

Kadisporasu diwakili Kabid PPO Disporasu Budi Syahputra S.Pd M.Si mengatakan , Pemprovsu mendukung pembinaan yang dilakukan ISSI Sumut yang nantinya dapat melahirkan atlet peraih medali dalam PON 2024. “Kita menargetkan lahir atlet berpotensi dan dapat meraih medali di PON 2024,” ucapnya.

(FP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi