Pasca Disahkannya UU No 11/2022, H Edimin Bupati Pertama Pimpin KONI di Sumut

Pasca Disahkannya UU No 11/2022, H Edimin Bupati Pertama Pimpin KONI di Sumut
Bupati Labusel H Edimin (tiga kanan) didampingi tim formatur menerima hasil Musorlub yang menetapkannya sebagai Ketua Umum KONI Labusel periode 2022-2026 dari pimpinan sidang Khoiruddin Siregar, Minggu (23/10) di Kotapinang. (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Kotapinang - Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) H Edimin terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum KONI Labusel periode 2022-2026, dalam Musorkablub di Convention Hotel Grand Suma Kotapinang, Minggu (23/10).

Terpilihnya H Edimin memimpin KONI Labusel menjadi catatan sejarah bagi olahraga Sumut, karena pria yang dikenal supel ini menjadi pejabat publik pertama di provinsi ini yang menjadi orang nomor satu di KONI, sejak terbitnya UU No 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, menggantikan UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Seperti ditegaskan Ketua Umum KONI Sumut melalui Wakil Ketua Bidang Organisasi H Sakiruddin SE MM, dalam UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional di Pasal 40 memang ada larangan bagi pejabat publik menjadi Ketua Umum KONI. Namun sejak diberlakukannya UU No 11 Tahun 2022, pasal tersebut dianulir, sehingga tidak ada lagi larangan bagi pejabat publik termasuk Bupati memimpin KONI.

"Ini caranya sejarah bagi olahraga Sumut. H Edimin menjadi pejabat publik pertama di provinsi yang memimpin KONI sejak diberlakukannya UU No 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, " ujar Sakiruddin yang hadir bersama Kabid Organisasi Drs M Syahrir MIKom dan Kabid Humas SR Hamonangan Panggabean.

Pelaksanaan Musorkablub KONI Labusel yang dinakhodai pimpinan sidang Khoruddin Nasomarsik Siregar (Pemkab ISSI), Sekretaris Ismail Aswin (PBVSI) dan Anggota Chairun Nasri (FORKI), berlangsung lancar dan demokratis. Sejumlah 17 Pengkab Olahraga di Labusel sepakat dan secara aklamasi memilih H Edimin memipin KONI kabupaten tersebut karena beliau calon tunggal, satu - satunya yang mendaftar kepada Tim Penjaringan dan Penyaringan.

Pasca terpilih, H Edimin mengucapkan terimakasih kepada seluruh induk organisasi olahraga di kabupaten tersebut yang mempercayainya memimpin KONI Labusel.

Ia mengajak seluruh seluruh insan olahraga di Labusel bekerjasama dan memiliki semangat ekstra memajukan olahraga di kabupaten tersebut.

"Mari bersama-sama kita bangun olahraga di Labusel dengan semangat sportifitas dan transparansi. Minimal setiap dua bulan kita lakukan evaluasi, " ujar Edimin seraya berjanji tahun depan mengupayakan KONI Labusel memiliki bus guna mendukung kelancaran organisasi.

Kontingen Porprov

Sebelum Musorkablub, Bupati H Edimin lebih dulu melepas keberangkatan Kontingen Labusel mengikuti Porprovsu yang akan berlangsung di Medan 29 Oktober hingga 5 November 2022.

Acara pemberangkatan ditandai dengan penyerahan pataka Labusel dari Bupati H Edimin kepada pimpinan kontingen Leo Dakwa Yunus Hasibuan.

Kontingen berkekuatan 89 atlet (61 putra dan 28 putri) mengikuti 9 cabang olahraga yakni tenis meja, bola voli, sepakbola, karate, tarung drajat, biliar, tinju, taekwondo dan pencak silat.

"Kontingen Labusel siap tampil di Porprovsu dengan target meraih lima medali emas, " ujar Ketua Kontingen Leo Hasibuan.

"Tampil dengan sportif. Jaga nama baik Labusel. Kalau kalian berhasil penuhi target, saya janjikan bonus, " tegas Bupati.

(MP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi