IJTI Sumut Gelar Pelatihan di SMA Negeri 16 Medan

IJTI Sumut Gelar Pelatihan di SMA Negeri 16 Medan
IJTI Sumut Gelar Pelatihan di SMA Negeri 16 Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ikatan Jurnalis Televisi Sumatera Utara (IJTI Sumut) menyambangi SMA Negeri 16 Medan yang terletak di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kecamatan Medan Marelan dalam rangka melaksanakan program IJTI Goes To School yang merupakan program kerja IJTI Sumut, pada Selasa (1/11).

Sebanyak 60 siswa/i yang mayoritas duduk di kelas XII dengan antusias mengikuti pelatihan tentang dasar-dasar fotografi dan videografi yang dibawakan oleh Efri Gunanda selaku Bidang Multimedia IJTI Sumut, serta materi video editing yang dibawakan Zen Setia selaku Bidang Organisasi.

Adapun materi fotografi yang disampaikan yakni pengenalan teknik-teknik pengambilan foto jurnalistik, komposisi pencahayaan, hingga sudut pandang pengambilan foto. Sedangkan untuk materi videografi para peserta disuguhi materi tentang pengenalan kamera video dan bagian-bagian yang terdapat di dalamnya, pengenalan lensa dan berbagai jenisnya, dan teknik pengambilan gambar menggunakan kamera video.

Untuk materi tentang video editing para peserta menyerap pengetahuan terkait langkah-langkah editing, jenis-jenis editing hingga pengetahuan yang disebut mind mapping atau proses memindahkan bentuk pemikiran ke dalam bentuk tulisan atau gambar (video).

Ketua IJTI Sumut, Tuti Alawiyah Lubis mengatakan, selain merupakan program kerja, IJTI Sumut Goes To School merupakan upaya para Jurnalis televisi guna mengedukasi kaum remaja terutama yang berstatus sebagai siswa/i agar dapat menggunakan teknologi berupa smartphone agar menjadi produk multimedia yang kreatif dan bermanfaat.

"Di era teknologi saat ini kita ingin mengedukasi para remaja yang berstatus pelajar agar lebih dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi menjadi sebuah hal yang mempertajam kreatifitas dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain," ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Franz Depari selalu staff kesiswaan SMA Negeri 16 Medan yang menyatakan, dengan digelarnya pelatihan dan program IJTI Sumut Goes To School ini dapat memberi pengalaman dan edukasi yang baik terutama di bidang video jurnalistik kepada para siswa/i.

"Kami juga mengharapkan adanya kegiatan lanjutan untuk pelatihan seperti ini. Semoga ilmu yang sudah dibagi oleh pemateri dapat diserap oleh para siswa/i dan dapat berguna serta diterapkan," ungkapnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi