Batang Lubu Sutam Segera Miliki SMK Negeri

Batang Lubu Sutam Segera Miliki SMK Negeri
Plt Bupati Padanglawas Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa dan Kacabdis Pendidikan Sumut neninjau pembangunan SMK Negeri di Batanglubu Sutam (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batanglubu Sutam - Masyarakat Kecamatan Batanglubu Sutam Kabupaten Padanglawas segera memiliki SMK Negeri. Keberadaan sekolah di daerah itu sudah lama diinginkan masyarakat.

Plt Bupati Padanglawas Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara Harun Mustopa Nasution melakukan peninjauan langsung ke lokasi Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Batang Lubu Sutam, yang lokasinya terletak di Desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Harun Mustopa Nasution mengatakan, pembangunan SMK Batanglubu Sutam terlaksana atas gagasan masyarakat yang didukung oleh pemerintah Kabupaten Padanglawas yang aspirasinya di sampaikan langsung olehnya ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Memang Kabupaten Padanglawas merupakan daerah pemilihan saya (dapil 7), tentu keinginan masyarakat yang didukung oleh Pemkab Padanglawas agar di bangun SMK disini, saya sambut dengan baik," kata Harun.

Ia menjelaskan, tahun ini pembangunannya akan dimulai sehingga masyarakat akan lebih maju dalam pendidikan dan dapat sejajar dengan daerah lain.

Sementara Plt Bupati Padanglawas H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Ketua I DPRD Provsu atas dibangunnya SMK Batanglubu Sutam.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Padanglawas terkhusus warga Batang Lubu Sutam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara Bapak Harun Mustopa Nasution," kata Zarnawi.

Kehadiran SMK di Batanglubu Sutam kata Zarnawi tentu akan banyak membawa dampak positif bagi masyarakat. Sesuai dengan tujuan pemerintah sekolah ini diharapkan akan mendorong kemampuan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yang bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat.

" Untuk itu saya menghimbau kepada Pemerintah kecamatan dan desa serta segenap unsur masyarakat agar bahu membahu mendukung pembangunan ini sehingga dapat terlaksana sesuai dengan rencana, " imbuhnya.

Sebelumnya Kacabdis Pendidikan Proviinsi Sumatera Utara UPT Gunungtua Hendra Saputra, menjelaskan bahwa lahan pertapakan SMK Batanglubu Sutam seluas ± 2 Ha merupakan hibah masyarakat.

Untuk tahap awal tahun 2022, sesuai anggaran akan dibangun 3 ruang kelas dan 1 ruang kantor yang nantinya pembangunan ini akan berlanjut sejalan dengan perkembangan dan jumlah siswa.

Ia juga menambahkan, pembangunan SMK ini merupakan program Gubernur Sumatera Utara membuat 1 SMK 1 Kecamatan.

"Kebetulan Batanglubu Sutam adalah termasuk daerah pedalaman dengan jarak ± 25 KM dari SMK terdekat yaitu SMK Sosa, maka anak anak yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA akan menempuh perjananan 25 KM sekali jalan dengan biaya yang tidak sedikit," katanya.

Dengan dibangunnya SMK ini tentu akan mengurangi beban orang tua dari segi biaya dan akan menigkatkan semangat orang tua untuk menyekolahkan anak anaknya ke jenjang yang lebih tinggi sehingga pemerataan pendidikan di Provinsi Sumatera Utara dapat terlaksana, tutur Hendra.

Pada kesempatan yang sama, seorang anggota masyarakat batang Lubu Sutam Sahwan Nasution menuturkan bahwa masyarakat batang lubu sutam sangat bersyukur atas dibangunnya SMK Batang Lubu Sutam.

" Saya merupakan penggagas berdirinya SMK ini yang didukung masyarakat Batang Lubu Sutam dan cita cita kami diakomodir Pemerintah Kabupaten Padanglawas khususnya Plt. Bupati Padanglawas dan dan Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara Bapak Harun Mustopa Nasution," katanya

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi