Jalinsum Via Kecamatan Sosopan Terancam Putus

Jalinsum Via Kecamatan Sosopan Terancam Putus
Warga melintas di sekitar jalan yang longsor (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sosopan - Intensitas curah hujan yang turun terus menerus beberapa hari ini telah mengakibatkan jalan lintas Sumatera (jalinsum) via Kecamatan Sosopan Kabupaten Padanglawas terancam putus.

Pantauan saat coba melintasi jalinsum via Kecamatan Sosopan, beberapa titik terlihat rusak parah dan sulit dilalui. Bahkan ada titik longsor yang mengakibatkan badan jalan semakin mengecil, dan tidak bisa lagi dilalui bus ataupun truk roda enam.

Menurut keterangan camat Sosopan, H. Maralohot Siregar kondisi jalinsum yang nyaris putus itu tepatnya antara desa Ulu Aer dengan desa Hulim Kecamatan Sosopan.

Hal itu terjadi akibat gerusan air yang mengalir terus, terlebih sejak musim hujan yang terjadi beberapa hari belakangan.

Arpan Nasution sekda Padanglawas membenarkan informasi Jalinsum Sosopan yang terancam putus itu, sebagaimana dilaporkan Camat Sosopan.

" Karena itu kita sangat berharap Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumatera Utara melalui Unit Pengelola Teknis (UPTD) Gunungtua segera turun ke lokasi melalukan penanganan sementara, sebelum jalinsum Sosopan itu putus total," kata Arpan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu Ir. Bambang Pardede, melalui Plt. Kepala UPTD Gunungtua, Rasuli Siregar, saat dihubungi mengatakan telah mendapat informasi dari masyarakat terkait kondisiJjalinsum di wilayah kecamatan Sosopan.

Bahkan telah langsung meninjau lokasi untuk memastikan kondisi di lapangan.

" Memang jika tidak segera ditangani kemungkinan besar bisa putus total, "katanya.

Karena itu katanya untuk penanganan sementara akan secepatnya menurunkan alat berat. Termasuk melakukan cutting tebing, dan memperlebar badan jalan.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi