Desa Paolan dan Morang Nikmati Pamsimas III

Desa Paolan dan Morang Nikmati Pamsimas III
Desa Paolan dan Morang Nikmati Pamsimas III (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Paluta - Tim Bapeda dan DPMU Program Pamsimas, Dinas Pekerjaan Umum, Binamarga, Cipta Karya Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) melakukan uji fungsi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Desa Morang Kecamatan Batang Onang dan Desa Paolan Kecamatan Halongonan, Kamis (8/12).

Uji Fungsi pelaksanaan Program PAMSIMAS III tersebut dipimpin langsung District Coordinator Paluta, Fajar Nirwana, didampingi Risky dan Natalia Simbolon bersama Kabid Renwil Bapeda Paluta Dedi Retno, DPMUB M Nuh Pulungan serta unsur teknis Gumuru Dasopang dan petugas Pamsimas.

Mereka turun langsung ke lapangan untuk pengendalian pelaksanaan kegiatan, coaching, pemeriksaan pemanfaatan dana BLM dan pelaksanaan konstruksi, serta melihat secara langsung kemajuan program Pamsimas serta mengetahui dampak positif langsung dari warga penerima program penyedian air minum serta sanitasi berbasis masyarakat di desa tersebut.

"Dari hasil uji Fungsi di lapangan, Pamsimas III telah banyak memberi solusi atas permasalahan air bersih dan sanitasi yang ada di desa Paolan dan Desa Morang," kata Fajar Nirwana.

Fajar merincikan, Paolan dan Morang akan memanfaatkan dan melakukan sambungan rumah (SR) dari pembangunan Pamsimas III masing- masing sebanyak 60 SR dan 70 SR.

Pihaknya berharap setelah dibangunnya penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang mengalir ke rumah warga, maka pengelolaannya harus dilakukan oleh desa, terutama pemeliharaannya sehingga air bersih yang sudah mengalir tetap bisa dinikmati oleh warga.

Dirinya pun meminta kepada masyarakat untuk dapat memelihara sarana program Pamsimas tersebut, agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Kelangsungan sarana ini tergantung kita semua dan untuk pengelolaannya kami minta agar bisa di laksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Seorang warga, Ali Harahap berterima kasih dan bersyukur dengan adanya pembangunan Pamsimas di desanya sehingga saat ini para kepala keluarga yang telah terlayani air dari program tersebut.

“Alhamdulillah dengan adanya program Pamsimas ini, warga masyarakat Desa Paolan tidak susah lagi dalam mendapatkan sumber air bersih,” ucapnya.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi