Mahfud MD: Peran Jaksa Strategis di Penegakan Hukum

Mahfud MD: Peran Jaksa Strategis di Penegakan Hukum
Mahfud MD (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, Keamanan dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD menyatakan peran jaksa sangat strategis dalam penegakan hukum, sehingga diperlukan penguatan dukungan terhadap lembaga ini, khususnya dalam penyesuaian penerapan KUHP yang terbaru.

Hal itu disampaikan Menkopolhukam Mahfud MD dalam sambutannya di Simposium Nasional Peran Jaksa Dalam Sistem Peradilan Pidana yang diselenggarakan Komisi Kejaksaan RI di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (8/12).

"Saya apresiaai penyelenggaraan simposium yang digagas oleh Komisi Kejaksaan RI ini. Semoga hasil simposium ini menjadi catatan penting penguatan peran Kejaksaan dalam penegakan hukum di Indonesia," katanya.

Mahfud juga mengajak Komisi Kejaksaan untuk terus membangun sinergitas dan kordinasi kepada lembaga-lembaga negara lainnya, pasca disahkannya KUHP beberapa waktu lalu. Agar segera beradaptasi atas terbitnya KHUP ini dalam penegakan hukum Kejaksaan.

"Sehingga, hasil simposium ini mampu menjadi salah satu masukan dalam rancangan KUHAP yang akan diperbaharui," ucapnya.

Ketua Komisi Kejaksaan RI, Barita Simanjuntak, menuturkan kegiatan simposium yang difasilitasi pihaknya itu bertujuan membangun persepsi tentang tupoksi Kejaksaan, khususnya dalam pelaksanaan acara pidana penegakan hukum Kejaksaan.

"Kita berkumpul bersama para Asisten Pidana Umum Kejati se-Indonesia dan juga beberapa Dekan Fakultas Hukum Universitas Negeri maupun Swasta se-Indonesia untuk penguatan lembaga Kejaksaan sebagai Dominus Litis," tambahnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi