102 Desa di Palas Gelar Pilkades Serentak, Polisi Kerahkan 565 Personel

102 Desa di Palas Gelar Pilkades Serentak, Polisi Kerahkan 565 Personel
102 Desa di Palas Gelar Pilkades Serentak, Polisi Kerahkan 565 Personel (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Barumun Tengah - Sebanyak 102 desa akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pasa Rabu (14/12) di 17 kecamatan se-Kabupaten Padanglawas (Palas).

Untuk pengamanan Pilkades, sebanyak 565 personel polisi diturunkan. Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan, saat upacara gelar pasukan mengingatkan para petugas dan personel supaya benar-benar dalam menjalankan tugas pengamanan.

"Pahami, kuasai, dan kerjakan dengan sungguh-sungguh, sesuai prosedur apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pengamanan Pilkades serentak," kata Kapolres usai upacara apel dan gelar pasukan sekaligus serah terima pasukan pengamanan Pilkades di lapangan MAN 1 Barumun Tengah, Selasa (13/12).

565 personel pengamanan Pilkades yang dipersiapkan termasuk dari Polres Pakas, BKO Brimob Polda Sumut, BKO Dit Samapta Polda Sumut, serta BKO dari Polres tetangga, termasuk dari Tapsel dan Taput.

Para personel yang dipercayakan harus dapat melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena itu ia meminta beradaptasi, kenali lingkungan, lokasi pengamanan, galang, dan bina seluruh potensi masyarakat.

"Sehingga masyarakat mau memberikan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan gangguan Kamtibmas, dan turut aktif berpartisipasi menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif," katanya.

Ia juga meminta personel mempersiapkan fisik dan mental yang prima, serta jaga kekompakan antarsesama unsur pengamanan, termasuk dengan penyelanggara Pilkades. Selain tetap bertindak jujur, adil, dan netral dalam menjalankan tugas.

Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu, dalam kesempatan itu juga menyampaikan hal senada, sekaligus menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Palas bersama seluruh personel yang telah siap mengamankan kelancaran pelaksanaan Pilkades.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi