Sosialisasi Nilai Pancasila, BPIP Bedah Musik di UNA

Sosialisasi Nilai Pancasila, BPIP Bedah Musik di UNA
Wakil Kepala BPIP RI, Karjono, memberikan plakat kepada Rektor UNA, Tri Harsono (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar kegiatan Bedah Musik Kebangsaan di Aula Zulfiman Siregar yang dihadiri ratusan mahasiswa Universitas Asahan (UNA), Selasa (13/12).

Kabupaten Asahan menjadi lokasi ke-5 dari rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda melalui media musik ini.

Wakil Kepala BPIP, Karjono mengatakan, dasar pemikiran dari kegiatan ini bahwa musik adalah instrumen universal yang sangat efektif dijadikan alat penyampaian pesan. Bahkan lebih dari itu, musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya.

"Pelaksana kegiatan ini adalah BPIP selaku inisiator program bekerja sama dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care. Adapun kolaborasi antara Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care telah menelurkan satu album musik bertema kebangsaan berjudul Nyanyian Rumah Indonesia. Sinergy for Indonesia adalah komunitas anak muda yang fokus dalam gerakan membangun semangat kebangsaan," katanya.

Komunitas ini diinisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang juga merupakan produser eksekutif, sekaligus penulis lirik salah satu lagu yang ada dalam album Nyanyian Rumah Indonesia.

Indonesia Care adalah satu gerakan sosial yang dimotori oleh artis musik, pekerja seni dan praktisi dari berbagai bidang yang memiliki satu visi bersama untuk peduli dengan kondisi kebangsaan. Salah satu inisiator Indonesia Care adalah Pay Burman yang dikenal sebagai gitaris band BIP dan produser musik yang telah menciptakan banyak sekali karya musik hits di Indonesia.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yakni Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Wakil Kepala BPIP RI, Karjono dan Rektor UNA Tri Harsono, serta menampilkan sejumlah band lokal dengan membawakan lagu kebangsaan yang arasemen sudah diubah mengikuti anak zaman sekarang dan juga ada talkshow.

Hadir dalam kegiatan bedah lirik musik kebangsaan oleh Founder Sinergy for Indonesia, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Talkshow bertema musik kebangsaan dengan pembicara, M. Akbar Hadi Prabowo selaku direktur sosialisasi dan komunikasi BPIP, Bahmid, selaku dekan Fakultas Hukum UNA, artis album Nyanyian Rumah Indonesia, Conrad GV, Winda Lestari Butar-Butar sebagai Wakil Presiden BEM UNA.

Penampilan live musik lagu kebangsaan oleh Irang Arkad, Indra Sabil, Nova dan kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala BPIP Karjono.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi