Rektor USU Sosialisasi Penguatan Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan Melalui Modul Geopolitik Pancasila

Rektor USU Sosialisasi Penguatan Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan Melalui Modul Geopolitik Pancasila
Rektor USU Prof Muryanto Amin saat sosialisasi penguatan nasionalisme dan wawasan kebangsaan melalui modul Geopolitik Pancasila. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Muryanto Amin, SSos, MSi di sela kesibukannya menyempatkan diri untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Mury yang juga merupakan dosen sekaligus guru besar ilmu politik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) USU tersebut menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di ruang kelas XII SMA Negeri 3 Kota Medan.

Mengusung tema "Penguatan Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan Siswa-Siswi SMA Negeri 3 Kota Medan Melalui Penerapan Pembelajaran Modul Geopolitik Pancasila", Prof Mury, menjelaskan bahwa sikap nasionalisme ditanamkan dalam diri seseorang melalui tindakan-tindakan sederhana yang mencerminkan cinta dan kepedulian terhadap bangsa dan negara.

Nasionalisme, katanya, bukan hanya berkaitan dengan simbol-simbol negara, tetapi juga tentang tanggung jawab dan kepedulian terhadap bangsa dan negara serta keterlibatan dalam memajukannya.

"Pentingnya nilai Pancasila bagi generasi muda adalah untuk memperkuat Indonesia, karena Indonesia ini beragam, dari sisi agama, suku adat, dan sebagainya. Generasi muda, harus memiliki pondasi nilai-nilai untuk bisa menginterpretasikan hal-hal baru yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," kata Prof Mury.

Kegiatan pengabdian tersebut berjalan lancar. Siswa-siswi SMA Negeri 3 kelas XII terlihat antusias dan merespons materi yang dipaparkan Prof Muryanto Amin dengan baik.

Kegiatan yang dilaksanakan Senin, 02 Oktober 2023 tersebut turut dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kota Medan.

Mendorong Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pengabdian yang diketuai langsung oleh Rektor USU Prof Muryanto Amin tersebut juga memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk terlibat dalam pengabdian masyarakat.

Hal ini terlihat saat rektor memberikan kesempatan kepada mahasiswa FISIP USU untuk menjadi pemateri pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini.

"Kesempatan yang luar biasa bisa terlibat langsung untuk melakukan pengabdian masyarakat bersama Rektor Universitas Sumatera Utara," kata salah satu mahasiswa yang tergabung dalam pengabdian masyarakat.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi