Aceh Singkil Diguncang Gempa M6,2, Tidak Ada Gempa Susulan

Aceh Singkil Diguncang Gempa M6,2, Tidak Ada Gempa Susulan
Peta gempa bumi di Aceh Singkil, Senin (16/1) (bmkg.go.id)

Analisadaily.com, Singkil - Wilayah Pantai Selatan Kota Singkil, Aceh diguncang gempa tektonik pada Senin 16 Januari 2023 pukul 05.30.01 WIB. Hasil analisis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,98° LU ; 97,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono, mengatakan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia. Gempa ini memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

"Berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Singkil dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Subulussalam, Aceh Selatan dengan skala intensitas III - IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), dan daerah Padang Sidempuan dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami," kata Daryono di situs resmi BMKG.

Kata dia, hingga pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Namun begitu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi