F1H2O Toba Memberi Dampak Ekonomi Senilai Rp 212 Miliar

F1H2O Toba Memberi Dampak Ekonomi Senilai Rp 212 Miliar
Acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, di Jakarta Rabu,(25/1). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Balap Powerboat F1H2O Word Series di Danau Toba, yang dipusatkan di Balige Sumatera Utara akan bisa memberi dampak ekonomi senilai Rp 212 miliar bagi masyarakat sekitar. Ajang adu cepat powerboat yang akan berlangsung mulai 24 hingga 26 Februari 2023 tersebut akan melibatkan ratusan masyarakat sekitar sebagai relawan.

"Sudah kita perhitungkan kajian awal, bahwa dampak ekonomi dari penyelenggaraan ini diperkirakan bisa di angka Rp 212 miliar untuk Provinsi Sumatera Utara yang berasal dari tenaga kerja yang terserap," kata Head of Strategic Marketing and Customer Experience In Journey, Ricky Wirjan, dalam acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, di Jakarta Rabu,(25/1).

Selain itu, kata Ricky, dibangunnya infrastruktur untuk penyelenggaraan F1 Powerboat nantinya bisa digunakan untuk olahraga air lainnya. Ricky yakin usai hajatan besar yang disiarkan ke seluruh dunia tersebut akan ada investor yang menanamkan modalnya di kawasan wisata super prioritas Danau Toba.

"Saya yakin usai kegiatan ini,akan banyak investor yang datang untuk mengembangkan pariwisata," ujarnya.

Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Kordinator Kemaritiman dan Investasi, Kosmas Harefa berharap infrastruktur yang telah dibangun bisa dimanfaatkan untuk perhelatan acara besar seperti konser, pernikahan, olahraga air dan sebagainya.

"Satu hal yang penting, penataan kawasan yang nilainya tidak sedikit lebih dari Rp 30 miliar kita gelontorkan melalui PUPR untuk menata kawasan penyelenggaraan event ini, tidak hanya kita bangun untuk kepentingan even ini, tapi kita ingin setelah event ini ada kegiatan-kegiatan besar yang bisa digelar di sana, maka sustainability ekonominya berputar," kata Kosmas.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ke-40 penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, yang akan berlangsung pada tanggal 24-26 Februari 2023.

F1 Powerboat merupakan kejuaran power boat terkemuka yang sudah dilaksanakan di 39 negara sejak 1984, sudah banyak negara yang pernah menjadi tuan rumah, diantaranya Italia, Prancis, UAE, Saudi Arabia, dan Cina.

Tujuan utama dilaksanakan ajang balap F1 Powerboat di Danau Toba adalah untuk memanfaatkan peluang pemulihan pariwisata Indonesia pada 2023, sekaligus untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia di kancah dunia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi