Drainase Buruk, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan Langganan Banjir Saat Hujan

Drainase Buruk, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan Langganan Banjir Saat Hujan
Drainase Buruk, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan Langganan Banjir Saat Hujan (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir membuat sejumlah ruas jalan di inti kota Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menjadi langganan banjir.

Malah tidak sedikit rumah warga terendam air dan masuk ke rumah warga seperti di Jalan Ki Hajar Dewantara, dan simpang Jalan Pejuang 45 Sibuhuan. Salah satu penyebab bajir di jalan tersebut karena tidak adanya drainase yang bagus di bahu kiri kanan badan jalan, sehingga debit air hujan menggenangi badan jalan.

"Kawasan ini sudah menjadi lokasi sasaran genangan air, karena tidak ada drainase," ungkap Rudi, seorang warga yang berjualan pisang di Jalan Ki Hajar Dewantara.

Katanya, daerah Jalan Ki Hajar Dewantara sudah lama menjadi langganan banjir jika curah hujan cukup tinggi.

"Miris melihat Jalan Perjuangan 45 yang berada di inti kota Ibu Kota Sibuhuan menjadi tempat buangan sasaran banjir. Jika hujan sebentar saja, jalan ini sudah berubah menjadi kolam air," katanya.

Ia berharap pemerintah daerah, khususnya Dinas PU Padanglawas dapat menyahuti keluhan warga yang resah dengan kondisi jalan yang selalu menjadi tumpahan sasaran air jika hujan.

"Pembuatan drainase di inti kota ini sudah sangat mendesak, apalagi kawasan ini padat penduduk," katanya.

Ia menyebutkan, jika hujan turun dan ingin melihat air tumpah ke badan jalan, datanglah ke Jalan Ki Hajar Dewantara, dan simpang Jalan Pejuang 45.

"Semua tertutup, kita tidak tahu kenapa jalan di kawasan ini tidak berfungsi drainasenya," ucapnya.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Yudi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Minggu (5/2), tidak bisa dihubungi.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi