HPSN 2023, Yamantab Gelar Refleksi Hingga Ecobrick

HPSN 2023, Yamantab Gelar Refleksi Hingga Ecobrick
Koordinator peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Dian Iradhani Pribadi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapteng - Yayasan Masyarakat Penjaga Pantai Barat (Yamantab) menyelenggarakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 pada Selasa (21/2).

Koordinator kegiatan, Dian Iradhani Pribadi, menuturkan peringatan HPSN kali ini akan diisi dengan sejumlah kegiatan.

"Ada refleksi singkat HPSN, diskusi pengelolaan sampah yang baik dan bertanggungjawab, ecobrick bersama peserta dan penandatanganan komitmen terkait kebertanggungjawaban terhadap sampah," katanya, Senin (20/2).

Dikatakan, peringatan akan dilaksanakan pukul di Sekretariat Bank Sampah Yamantab (BSY) yang terletak di Gang Anggrek, Jalan Faisal Tanjung, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah.

Menurut perempuan yang juga menjabat sebagai Bendahara Yamantab dan Sekretaris BSY tersebut, peringatan kali ini akan diikuti para peserta dari berbagai komunitas, instansi, sekolah hingga individu.

"Undangan yang kita sebar luaskan memang undangan terbuka, jadi siapa saja yang ingin datang dan bersama-sama memperingati HPSN, ya silahkan datang, kita berefleksi bersama, berdiskusi bersama, ecobrick bersama dan berkomitmen sama-sama. Karena hanya dengan kebersamaan, hanya dengan gotongroyong, maka penanganan terhadap sampah akan dapat berhasil dilakukan," urai Dian.

Dian menjelaskan, acara tersebut dijadwalkan akan dimulai pada pukul 14:00 WIB. Pihaknya pun berharap, pesan-pesan edukasi dalam kegiatan HPSN tersebut tersampaikan dengan baik, tidak saja ke peserta, tapi juga ke masyarakat secara luas.

Dian juga menjelaskan, pemilihan salah satu aksi kegiatan yakni Ecobrick. Dikatakan, metode Ecobrick adalah metode tepat untuk menyerap beragam jenis sampah khususnya plastik yang selama ini tidak tersentuh dan menjadi sumber pencemaran lingkungan.

"Demikian banyak jenis plastik yang selama ini terbuang dan mencemari, nah, ecobrick mampu menyerap plastkk-plasti tersebut dalam jumlah banyak, karena itu kami dari Yamantab terus mengkampanyekan metode itu akan mau dilakukan banyak pihak, agar pencemaran semakin dapat kita tekan," tutupnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi