Kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba Ditunda Karena Angin Kencang

Kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba Ditunda Karena Angin Kencang
Kualifikasi F1 Powerboat Lake Toba 2023 Ditunda Karena Angin Kencang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Balige - Penundaan kualifikasi pada Sabtu (25/2/2023), dikarenakan angin kencang yang berhembus di lokasi perlombaan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, pada konferensi pers di Media Center Kominfo F1 Powerboat Lake Toba 2023 di Balige.

“Kecepatan angin dari Timur Laut, berlawanan dengan arah Danau Toba yang menghadap ke Barat Laut, sehingga menimbulkan gelombang 0,5 meter atau 50 cm yang melebihi batas aman. Kecepatan angin tadi pukul 14:00–17:00 WIB yakni sekitar 5,2–8 knot,” jelas Dwikorita.

Sesi kualifikasi yang tertunda tersebut, akan dilanjutkan pada Minggu (26/2/2023) yang digelar pukul 08.00 WIB. Setelah itu Balapan akan dilanjutkan pada Minggu, pada pukul 12.00 WIB dan pukul 15.00 WIB.

"Jadi, penyebabnya adalah kecepatan angin, tinggi gelombang, dan temperatur udara," katanya.

Diketahui sebanyak 20 pembalap telah diturunkan ke perairan Danau Toba dan telah sempat mengitari lintasan selama beberapa menit. Namun, angin mulai berhembus kencang dan membuat sesi kualifikasi resmi ditunda demi keamanan pembalap.

Sebelumnya, telah berlangsung dua kali sesi free practice atau latihan bebas sebagai pemanasan para pebalap untuk mengenal area Danau Toba, yakni extra free practice pada 24 Februari siang dan first free practice pada 25 Februari 2023, pagi.

Pada sesi extra free practice, Pebalap tim Abu Dhabi, Thani Al-Qemzi, jadi yang tercepat. Thani mencatat waktu tercepat, tepatnya pada lap ke-15 dengan 1 menit 06,75 detik. Hasil apik itu pun menempatkannya di urutan pertama dari 16 pebalap yang turut melakukan latihan bebas.

Sedangkan pada first free practice Pebalap tim Swedia Jonas Andersson mampu mencatat waktu kurang dari satu menit. Yakni 59.90 detik pada lap ke-14, sehingga membawanya ke urutan pertama dari 20 pebalap. Bersaing ketat dengan Shaun Torrente, Pebalap tim Abu Dhabi yang mencatat waktu 1 menit 00.12 detik.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi