Jokowi Minta UMKM Toba Terus Berkembang Usai Gelaran F1 Powerboat

Jokowi Minta UMKM Toba Terus Berkembang Usai Gelaran F1 Powerboat
Presiden Jokowi usai menyerahkan piala berfoto bersama para pemenang F1 Powerboat Danau Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Balige - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak, termasuk masyarakat memanfaatkan ajang bergengsi kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba memperkenalkan keunggulan Indonesia, terlebih produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Brand UMKM dikatakan Jokowi harus muncul, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Even internasional ini bisa membangun brand setiap daerah di sini, di Danau Toba,” kata Jokowi ketika memberikan keterangan pers usai menyerahkan trofi pebalap Stromoy Racing Team, Bartek Marszalek, sebagai juara F1 Powerboat Danau Toba, Minggu (26/2), di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige.

Jokowi meyakini usai gelaran, membuka peluang usaha di daerah Danau Toba dan sekitarnya akan tumbuh pesat. Pada beberapa waktu ke depan, dampaknya akan banyak pembangunan yang dilakukan dari mulai hotel hingga restoran.

“Muncul pasti pembangunan hotel dan restoran baru karena memang dibutuhkan,” ucapnya.

Pemerintah saat ini tengah melakukan serangkaian upaya menarik ajang berbagai tingkatan kompetisi olahraga internasional untuk diselenggarakan di sejumlah kawasan destinasi wisata super prioritas. Dari mulai Formula 1, MotoGP, World Superbike, hingga Formula E, diselenggarakan di tanah air.

Dalam mendukung kawasan wisata Danau Toba, lanjut Presiden, pemerintah akan melakukan serangkaian perbaikan pada fasilitas pendukung, di antaranya terminal dan bandara.

Kedua fasilitas tersebut perlu perbaikan guna membuat penyelenggaraan ajang olahraga motor akuatik tingkat internasional selanjutnya dapat lebih baik. Proses perbaikan pada setiap infrastruktur akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan prosedur.

“Masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki. Jadi saya kira semuanya butuh waktu semuanya butuh proses,” sebutnya.

Turut mendampingi Presiden adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

Selain itu, hadir juga Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Daheri, yang turut diterima Presiden Jokowi.

Ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023 baru saja berakhir menyelesaikan 18 lap. Menyusul Bartek Marszalek di posisi kedua adalah Sami Selio dari Tim The Sharjah dan di posisi ketiga Erik Stark dari Tim Victory.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi