AJI Langsa Gelar Pelatihan Keamanan Digital

AJI Langsa Gelar Pelatihan Keamanan Digital
Ketua Aji Langsa, Mustafa Rani, foto bersama peserta (Analisadaily/Sudirman)

Analisadaily.com, Langsa - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Langsa menggelar pelatihan keamanan digital kepada 13 jurnalis yang bertugas di Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang, bertempat di Pangeran Kafe, Langsa, Rabu (15/3).

Ketua AJI Langsa, Mustafa Rani mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut difasilitasi oleh AJI Indonesia dengan dukungan Google News Initiative.

"Sebelumnya, ada 20 perwakilan AJI kota/kabupaten lainnya sudah mengikuti Training of Trainer (ToT) Digital Safety di Jakarta, pertengahan Februari 2023 lalu, termasuk AJI Langsa oleh Said Maulana jurnalis TVRI Aceh," kata Mustafa Rani.

Tingginya jumlah penggunaan internet dan perangkat digital saat ini membuka pintu akan terjadinya serangan digital. Salah satu kelompok rentan terhadap serangan digital adalah jurnalis. Pemicunya, profesi ini selalu menuntut fakta di hadapan publik, kemudian ada pihak yang merasa gerah dengan penyampaian fakta.

"Ya, dulu serangan langsung dilakukan secara fisik, saat ini lebih menguat ke serangan digital. Tujuannya, untuk merusak dan mencuri data, hingga menyerang pribadi seseorang di dunia maya. Atas kondisi itu, AJI menggelar pelatihan dimaksud," terang Mustafa.

Diharapkan, melalui pelatihan ini para jurnalis dapat memahami jenis-jenis serangan digital, cara mencegahnya dan tindakan mitigasi bila serangan tersebut kadung terjadi.

(DIR/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi